Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 1.500 warga siap meramaikan kegiatan Surabaya Health Season (SHS) 2018 yang akan digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725 di Taman Surya pada Sabtu (5/5).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Yohana Sussie Emissa, di Surabaya, Kamis, mengatakan ada beberapa kegiatan menarik dalam SHS 2015 yang bertema "Budaya Kesehatan Pasien, Meningkatkan Mutu Kesehatan".

"Kegiatan SHS 2018 meliputi konsultasi terhadap hasil pemeriksaan kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama-sama dengan Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI)," katanya.

Selain itu, lanjut dia, konsultasi tentang obat oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), kemudian Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) akan memberikan konsultasi dan pemeriksaan sederhana.

Selain acara pemeriksaaan kesehatan secara gratis, lanjut dia, juga akan diadakan acara imunisasi hepatitis dan difteri secara simbolis kepada petugas lapangan, seperti pada petugas lapangan Dinas Kebersihan dan Pertamaman, Linmas, Satpol-PP, PDAM dan Dinas Sosial.

"Walaupun saat ini pelaksanaan imunisasi hepatitis dan difteri sudah berlangsung. Nantinya, akan ditindaklanjuti untuk dinas lainnya," katanya.

Acara tersebut, kata dia, juga akan melibatkan pameran UKM binaan dari beberapa dinas terkait, seperti Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), serta Dinas Koperasi untuk bersama-sama meramaikan gelaran SHS 2018.

"Harapannya masyarakat juga mengenal bahwa di Surabaya ini banyak UKM yang bisa bersaing dengan daerah lain," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Surabaya Health Seasion (SHS) Pudjo Hartono mengatakan dalam acara pembukaan SHS, nantinya semua tenaga medis kesehatan akan ikut terlibat, seperti dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, farmasi, laboratorium, rekan optik, semuanya akan terlibat dalam meramaikan rangkaian acara SHS 2018.

"Kami harapkan pada SHS kali ini bisa menggerakkan dirinya untuk menuju ke perbaikan. Termasuk pada fasilitas kesehatannya, seperti apotek dan laboratorium. Jadi peningkatan tidak hanya pada orangnya saja," ujarnya.

Selain itu, kata dia, masing-masing fasilitas kesehatan yang ada di Surabaya akan mengikuti lomba sesuai dengan stratanya. "Diadakannya lomba paling tidak ada semangat untuk maju bersama. Harapannya bukan kemenangan, namun agar lebih mengunggah semangat pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018