Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bermain tiga permainan tradisional bersama anak-anak Indonesia dalam acara "Jam Main Kita" di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Permainan pertama yang dimainkan adalah Ogor Ban yaitu bekerja sama mendorong ban karet menggunakan dua tongkat dalam jarak sekitar 5 meter.

Sebelum bermain, Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperhatikan cara bermain anak-anak lebih dulu.

Setelah anak-anak selesai bermain barulah Presiden dan Ibu Negara mencoba menggerakkan ban dengan dua tongkat di lajur tengah area bermain. Hanya dalam tempo kurang satu menit, keduanya pun sudah berhasil menggiring ban itu ke garis finis dan disambut dengan tepuk tangan anak-anak.

"Ah gampang," kata Presiden kepada wartawan saat ditanya bagaimana kesannya saat bermain Ogor Ban.

Permainan kedua yang dimainkan adalah gobak sodor atau galasin yaitu permainan menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik.

Seperti sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara mengamati lebih dulu anak-anak yang bermain, baru pada kesempatan kedua mereka ikut bermain bersama dengan Puan Maharani, Nila Moeloek, Idrus Marham dan istri Menteri Sekretaris Negara Siti Faridah Pratikno.

Presiden pun tampak tidak kesulitan untuk menghalau anak-anak usia sekolah dasar yang mencoba melewati garis yang dijaganya sehingga permainan kembali dimenangkan Presiden dan rekan.
 

Permainan ketiga adalah engklek yaitu permainan melompati menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yang telah digambar sebelumnya di tanah.

Presiden yang mendapatkan gacuk warna putih pun melompat-lompat dari satu kotak ke kotak lain dengan cepat. Selanjutnya giliran Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang bermain dari satu kotak ke kotak lain dengan menggunakan gacuk warna biru.

Setelah puas bermain, Presiden pun menyempakan berfoto bersama dengan anak-anak tersebut.

Jam Main Kita adalah gerakan sosial untuk mengajak anak-anak Indonesia lebih mengenal permainan tradisional sekaligus mengajak anak-anak untuk aktif bermain di luar rumah yang digagas oleh Lembanga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bersama dengan sejumlah perusahaan swasta mulai 25 Maret 2018.

Ada sekitar 200 anak yang ikut berkumpul dan bermain di halaman Istana Merdeka untuk ikut bermain berbagai permainan tradisional seperti gobak sodor, obor ban, engklek, enggrang, congklak, lompat karet dan permainan lainnya. (T.D017)

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018