counter

Militer Nigeria bantu selamatkan lebih dari 1.000 korban Boko Haram

Militer Nigeria bantu selamatkan lebih dari 1.000 korban Boko Haram

Ilustrasi - Tentara Nigeria memperlihatkan bendera Boko Haram yang mereka sita dari kota Damasak yang baru saja mereka rebut di Nigeria, Rabu (18/3/15). (REUETRS/Emmanuel Braun)

Maiduguri (ANTARA News) - Militer Nigeria pada Senin mengatakan membantu menyelamatkan lebih dari 1.000 orang, yang ditahan kelompok keras Boko Haram di timur laut negara itu.

Disebutkannya bahwa sandera tersebut terutama terdiri atas wanita dan anak-anak serta beberapa pemuda, yang terpaksa bertempur untuk kelompok itu.

Reuters tidak dapat memastikan secara mandiri rincian dalam pernyataan militer itu.

Militer, dalam pernyataan melalui surat elektronik, mengatakan pasukannya menyelamatkan sandera dari desa Malamkari, Amchaka, Walasa dan Gora di Area Pemerintahan Lokal Bama di negara bagian timur laut, Borno.

Disebutkan bahwa operasi itu dilakukan bersamaan dengan pasukan dari negara-negara tetangga yang membentuk Gugus Tugas Gabungan Multinasional.

Pemerintah telah mengatakan sejak Desember 2015 bahwa militan telah dikalahkan. Namun kelompok itu, yang telah menculik ribuan orang sejak memulai pemberontakan di tahun 2009 yang bertujuan menciptakan sebuah negara Islam di timur laut, telah melakukan sejumlah serangan tingkat tinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Presiden Muhammadu Buhari, yang menjabat pada Mei 2015 dan bersumpah mengakhiri pemberontakan Boko Haram, menjadikan peningkatan keamanan di negara berpenduduk terbanyak di Afrika itu sebagai prioritas, tetapi pemberontak terus melakukan pemboman bunuh diri, penyitaan senjata dan penculikan.
 

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Imigrasi Bandung amankan 8 TKA ilegal

Komentar