Gubernur DKI ingin sekolah jadi tempat belajar menyenangkan

Gubernur DKI ingin sekolah jadi tempat belajar menyenangkan

Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan. ( ANTARA /Khairun Nisa)

Menyenangkan itu gampang Pak, anak datang ke sekolah senang hati, berada di sekolah senang hati, pulang di sekolah baru berat...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan saat meresmikan renovasi bangunan delapan sekolah di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Rabu.

"Saya pesan delapan sekolah ini dan semua sekolah di Kepulauan Seribu harus menjadi yang menyenangkan bagi anak-anak. Menyenangkan itu gampang Pak, anak datang ke sekolah senang hati, berada di sekolah senang hati, pulang di sekolah baru berat. Jangan terbalik, datang di sekolah berat, habis pulang senang hati. Ini ada masalah di sekolah," kata Anies.

Kepada para pendidik, dia berbicara tentang pentingnya penguatan karakter kinerja dan karakter moral. "Karakter kinerja terdiri dari kerja keras, tangguh, ulet, beriman dan bertakwa. Sedangkan karakter moral itu iman, takwa dan jujur," kata Anies.

"Pesan saya kepada para para pendidik, para kepala sekolah, jadikan sekolah ini sekolah-sekolah yang menumbuhkan karakter, kinerja dan moral. Bangun suasana sekolah yang menyenangkan. Kalau gurunya senang, muridnya senang, Insya Allah sekolahnya akan baik," katanya.

Anak-anak, ia menuturkan, semestinya dididik untuk menjadi pembelajar agar selanjutnya bisa mengembangkan diri.

"Kata kunci pembelajar, kapan pun belajar. Bila anak pembelajar, Bapak bisa lepas ke mana saja, dan belajar terus. Tapi bila kita latih anak kita untuk bisa menjawab ujian, maka dia sukses di ujian, sesudah itu dia belum tentu bisa sukses dalam hidupnya. Jangan latihan untuk sukses ujian akhir, tapi latih anak untuk jadi pembelajar seumur hidup," katanya.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan pembangunan sekolah di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Rabu (9/05/2018). Susylo Asmalyah/Antara

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar