Cara melawan kantuk saat puasa

Cara melawan kantuk saat puasa

ilustrasi mengendarai mobil sambil mengantuk (ANTARA News/Insan Faizin Mubar)

Terlalu banyak karbohidrat sederhana bisa menyebabkan mengantuk karena zat ini mudah diolah menjadi gula. Saat pengolahan, darah mengalir ke pencernaan bukan ke otak, makanya jadi mengantuk
Jakarta (ANTARA News) - Sebagian besar orang kerap dihantui rasa kantuk tak tertahankan terutama siang hari saat berpuasa selama Ramadhan. 

Untuk membunuh  serangan kantuk semacam itu orang perlu melakukan beberapa hal, mulai dengan tidur cukup setidaknya enam jam. 

"Diusahakan tidur lebih cepat sehingga bisa tidur 6-7 jam," ujar spesialis gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Jovita Amelia di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Selain itu, makanlah saat sahur secukupnya dan membatasi asupan karbohidrat sederhana karena bisa membuat orang mengantuk pada siang hari. 

"Terlalu banyak karbohidrat sederhana bisa menyebabkan mengantuk karena zat ini mudah diolah menjadi gula. Saat pengolahan, darah mengalir ke pencernaan bukan ke otak, makanya jadi mengantuk," papar Jovita. 

Sebaiknya konsumsilah karbohidrat kompleks, protein, lemak, cairan sesuai kebutuhan tubuh saat sahur, dibarengi tetap melakukan aktifitaa fisik rutin untuk menjaga tubuh tetap bugar. 


 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar