Jakarta (ANTARA News) - Mesir baru mengumumkan skuad sementara untuk Piala Dunia 2018 di Rusia bulan depan dan berikut fakta-fakta Timnas Mesir seperti dikutip Reuters:

Peringkat FIFA: 46 (sampai 7 Juni)

Turnamen sebelumnya:
Sebelum ini Mesir tampil pada dua Piala Dunia, masing-masing edisi 1934 dan 1990. Selama itu pula Mesir tidak pernah memenangkan satu pun pertandingan turnamen ini.
Tim Firaun ini menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia pada 1934 namun dibantai 2-4 oleh Hungaria. Mereka menjadi juru kunci fase grup turnamen ini edisi 1990 setelah dua kali seri dan sekali kalah.

Pelatih:
Hector Cuper.
Pelatih berusia 62 tahun menghabiskan masa sepuluh tahun menangani klub-klub Spanyol dan Italia, termasuk Inter Milan dan Valencia, yang dua kali dia antarkan ke final Liga Champions. Cuper ditunjuk menjadi manajer Mesir pada 2015 dan mengubah tim ini menjadi sangat solid dalam bertahan, tetapi penggemar Mesir ingin timnasnya memainkan pola permainan yang lebih menyerang. Cuper kemungkinan memasang empat bek yang dilindungi oleh dua gelandang pada turnamen ini di Rusia nanti.

Baca juga: Skuad empat negara penghuni Grup A

Pemain kunci:
Mohamed Salah:
Penyerang ini menikmati musim menjulang bersama Liverpool dengan mencetak 44 gol dari 51 penampilan sehingga membuatnya disandingkan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pemain terbaik Liga Inggris tahun itu tersebut sudah mencetak 33 gol selama 57 kali memperkuat Mesir.
Dia menjadi pencetak gol terbanyak negerinya pada Pra-Piala Dunia lalu dengan lima gol, termasuk tendangan penalti yang membawa negaranya menang 2-1 atas Kongo yang sekaligus memastikan lolos ke putaran final di Rusia nanti.
Essam El Hadary: Kapten Mesir ini menjadi pemain tertua pada Piala Dunia Rusia. Pemain berusia 45 tahun itu tak menunjukkan tanda-tanda menurun, sebaliknya menjadi bagian instrumental saat membawa Mesir ke final Piala Afrika namun sayang dikalahkan Kamerun para partai itu. El Hadary pertama kali memperkuat Mesir pada 1996, 10 bulan sebelum rekan satu timnasnya, Ramadan Sobhi, lahir.
Mohamed Elneny: Gelandang ini bermain untuk Arsenal dan berperan penting bagi Mesir. Elneny menjadi jangkar pertahanan di depan dua bek tengah Mesir. Dia mengalami cedera namun diperkirakan sudah bugar saat Piala Dunia mulai.

Baca juga: Fakta-fakta skuad Spanyol

Performa:
Mesir kalah pada dua pertandingan persabatan terakhirnya, masing-masing melawan Portugal dan Yunani. Mesir memetik dua kemenangan, sekali seri dan dua kekalahan pada lima pertandingan terakhirnya.

Bagaimana mereka lolos:
Salah mencetak gol dari titik penalti melawan Kongo demi memastikan lolos ke Piala Dunia ketika masih menyisakan satu pertandingan lagi. Mesir menang lima kali, sekali seri dan sekali kalah.

Peluang:
Mesir menghuni Grup A bersama Uruguay, Rusia dan Arab Saudi. Uruguay yang dipimpin Edison Cavani dan Luis Suarez, favorit menjadi juara grup, tetapi Mesir bisa finis pada urutan kedua. Dan seandainya lolos ke 16 Besar, Mesir akan menantang Spanyol, Portugal, Iran dan Maroko yang semuanya berperingkat di atas Mesir.

Baca juga: Fakta-fakta skuad Portugal

 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018