Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Bambang Soesatyo, meminta pemerintah sungguh-sungguh mempersiapkan pelayanan publik pada musim mudik Lebaran 2018, dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan pemudik.

"Kementerian Perhubungan harus benar-benar mempersiapkan sarana mudik dan memastikan kelayakannya. Salah satu kunci penting dalam pelayanan mudik Lebaran adalah Kementerian Perhubungan," kata Soesatyo, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan agar memeriksa secara seksama kelaikan moda transportasi baik darat, laut, maupun udara.

Kementerian Perhubungan juga diminta mengawasi ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan moda transportasi umum saat arus mudik lebaran, termasuk ketersediaan perlengkapan keamanan di dalam setiap moda transportasi umum.

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) benar-benar memastikan kesiapan dan kelayakan infrastruktur bagi pemudik.

"Kementerian PUPR agar melakukan pengecekan kelayakan jalan dan penempatan rambu serta marka jalan yang akan dilalui oleh para pemudik," katanya.

Kemudian, terkait persoalan keamanan saat musim mudik, dia meminta polisi dapat meningkatkan pengamanan dengan memperbanyak penempatan personel di lokasi-lokasi rawan macet serta menempatkan intelijen Kepolisian di setiap titik-titik rawan kejahatan.

Mantan ketua Komisi III DPR itu juga mengimbau kepada masyarakat yang mudik agar berkoordinasi dengan masyarakat yang tidak mudik maupun aparat keamanan setempat agar menjaga keamanan lingkungan tetap kondusif.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018