Ini 10 titik rawan macet saat Lebaran menurut Kakorlantas

Ini 10 titik rawan macet saat Lebaran menurut Kakorlantas

Ilustrasi - Antrean kendaraan menuju Jakarta menumpuk di pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2017). (ANTARA /Dedhez Anggara)

Kendal (ANTARA News) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan bahwa ada 10 titik macet yang harus diwaspadai di Pulau Jawa selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Irjen Royke di Polres Kendal, Jawa Tengah, Jumat, menyebutkan, kesepuluh titik tersebut antara lain adalah Cikampek, gerbang tol Palimanan, gerbang tol Kertasari (Tegal), dan jembatan Kalikuto.

"Titik ketiga yakni Gate Gandulan atau Kertasari," katanya.

Dia menjelaskan, penyelesaian proyek jembatan Kalikuto yang berada di perbatasan Kendal-Batang masih terus dikebut.

Jembatan Kalikuto diperkirakan bisa dipergunakan pemudik mulai 12 Juni - 13 Juni atau H-3/H-2 Lebaran. Jembatan penghubung jalan tol Batang-Semarang tersebut akan menjadi landmark baru bagi Kota Kendal.

Titik rawan macet berikutnya adalah gerbang tol Manyaran (Semarang), Karangsawah Tonjong (Brebes), dan Malangbong-Limbangan (Garut).

"Karangsawah tepatnya di Pasar Tonjong kerap terjadi antrean panjang pada arus mudik tahun sebelumnya," katanya.

Sementara itu, menurut Royke, tempat peristirahatan di tol bakal berpotensi menjadi penyebab macet pada arus balik mendatang.

Ia merinci titik-titik macet pada arus balik yakni rest area tol Cipali kilometer 102 dan kilometer 130, rest area Cikampek kilometer 62.

Selanjutnya, dua lokasi rawan macet yang terakhir adalah penyeberangan Merak-Bakauheni dan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk juga akan terjadi kepadatan.
 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar