Samosir, Sumatera Utara (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Samosir bersiap menyambut peningkatan kunjungan wisatawan selama libur panjang Lebaran.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menginstruksikan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, berusaha memastikan para wisatawan bisa menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

"Lakukan persiapan matang, sehingga seluruh kendala yang muncul nantinya dapat terkendali dengan baik," kata Bupati di Pangururan, Rabu,

Ia minta Dinas Perhubungan mengatur perparkiran di tempat-tempat wisata dan mengantisipasi antrean keluar masuk pelabuhan feri di Simanindo dan Tomok, dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan memperhatikan ketersediaan bahan bakar minyak dan makanan agar wisatawan mudah memenuhi kebutuhan mereka.

Sementara Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan ditugasi menata objek-objek wisata dan menggelar atraksi seni untuk menghibur pengunjung, dan Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan pusat pengaduan atau pusat informasi yang mudah dijangkau wisatawan.

Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD diminta siaga mengantisipasi dampak bencana yang bisa mengganggu lalu lintas kendaraan dari maupun dari luar Samosir dengan membuat pos-pos penanggulangan serta menempatkan beberapa alat berat.

"Dengan demikian jika dibutuhkan penggunaan alat berat, maka mobilisasi alat berat ke lokasi bencana dapat direalisasikan dengan cepat," kata Bupati.

Bupati juga menginstruksikan para pemimpin organisasi perangkat daerah berkoordinasi dengan dengan TNI dan Polri dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: 10 destinasi domestik yang sedang naik daun

Pewarta: Warsito
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018