Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta akan menyiagakan layanan pusat kesehatan masyarakat selama 24 jam selama penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018.

"Kami menyiagakan puskesmas untuk antisipasi kebutuhan layanan kesehatan. Kami juga akan menyediakan layanan khusus terutama di area penyelenggaraan Asian Games," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, selepas mengikuti rapat di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Jakarta, Rabu.

Selain layanan kesehatan 24 jam, Pemerintah DKI Jakarta juga membebaskan pajak tiket pertandingan cabang-cabang olahraga Asian Games 2018 dan Asian Para Games.

"Kami juga membabaskan pajak tiket pembukaan Asian Games dan Asian Para Games," kata Uno.

Pembebasan pajak tiket Asian Games dan Asian Para Games itu, menurut Sandi, merupakan hasil kesepakatan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 24 Mei.

Dari kesiapan infrastruktur, Pemprov DKI Jakarta juga berjanji akan menyelesaikan arena pertandingan bisbol di Rawamangun Jakarta Timur pada akhir Juni.

"Arena bisbol sudah hampir 80 persen dan pengerjaan sudah sesuai jadwal. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pengurus cabang bisbol. Mereka puas dan akan ada percepatan pengerjaan," kata Sandi.

Sebelumnya, penyiagaan layanan kesehatan tingkat satu atau puskesmas juga telah disiagakan selam 24 jam oleh Pemerintah Palembang.

Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mastofa mengatakan 12 dari 40 puskesmas yang tersebar di sejumlah kecamatan di Palembang akan beroperasi seharian penuh saat Asian Games. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018