Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, melepas 3.693 pemudik prajurit TNI AL dan keluarganya dari wilayah Jakarta. Mereka akan berlebaran di kampung halaman masing-masing dan berangkat bersama-sama dalam armada puluhan bis dari lapangan apel Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.
     
Rombongan mudik gratis itu terdiri dari 1.641 personel Markas Besar TNI AL (31 bus), 1.432 personel Komando Armada 1 (delapan bus), 270 personel Komando Lintas Laut Militer TNI AL (lima bus), 270 personel Sekolah Staf dan Komando TNI AL  (lima bus), 270 personel Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (lima bus), 540 personel Korps Marinir TNI AL (10 bus), dan 270 personel Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta (lima bus).  
     
Tahun ini, kata Adji, TNI AL menyediakan 69 bis untuk angkutan mudik gratis dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya. Personel yang mendaftarkan diri untuk mudik gratis itu boleh membawa serta semua anggota keluarganya yang tercantum dalam kartu keluarga masing-masing. 
     
Program yang digelar setiap tahun ini merupakan wujud perhatian pimpinan TNI Angkatan Laut guna mengantisipasi berbagai resiko selama perjalanan.
     
"Fasilitas yang diberikan pimpinan TNI AL bersama Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini untuk memperkecil resiko kecelakaan lalu lintas di jalan selama proses mudik lebaran. Kita tahu banyak prajurit kita yang mudik menggunakan sepeda motor, makanya dengan fasilitas mudik gratis ini mereka bisa mudik dengan nyaman dan aman," kata dia. 
     
Menurut dia, dari jumlah keseluruhan 69 armada bus yang dikerahkan sebagian besar merupakan bentuk kerja sama antara TNI AL dengan Bank Mandiri, BNI, BRI dan Kementerian Perhubungan, dimana 25 bus merupakan dukungan Bank Mandiri, 15 bus dukungan dari BNI, 10 bus dukungan BRI, lima bus dukungan Kementerian Perhubungan, 14 bus dan kendaraan dinas TNI AL.
     
TNl AL juga melengkapi rombongan mudik dengan pengawalan Polisi Militer TNI AL pada setiap rombongan serta melaksanakan pengecekan kesehatan den tes urine bagi para personel yang bertugas sebagai pengemudi armada bus mudik lebaran. 
     
"Saya minta kepada pengemudi agar menjaga keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpang, sehingga berjalan aman dan lancar. Saya akan berikan 'vitamin' kepada para pengemudi, masing-masing sebesar Rp1,5 juta," kata Adjie.

Pewarta: ANTARA
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018