Jakarta (ANTARA News) - PT Taspen (Persero) memberikan fasilitas berupa perlindungan berupa asuransi jiwa bagi 2.100 orang perserta "Mudik Gratis Bareng Taspen 2018".

"Setiap pemudik yang diberangkatkan Taspen mendapat perlindungan asuransi dari Taspen Life," kata Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro, di Jakarta, Kamis.

Menurut Iqbal, pemberian asuransi jiwa bagi warga yang mudik ke kampung halaman pemudik ini merupakan terobosan baru dari Taspen yang disediakan bagi masyarakat.

Asuransi yang disediakan mencakup perlindungan bila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian, cacat tetap dengan pertanggungan mulai Rp2,5 juta hingga maksimal Rp25 juta.

Selain mendekatkan Taspen dengan masyarakat, program mudik bareng gratis ini juga dapat mengalihkan penggunaan moda transportasi darat seperti sepeda motor ke bus dan kereta api untuk meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas.

Pada tahun 2018 Taspen memberangkatkan 2.100 pemudik, terdiri atas sekitar 1.200 orang yang menggunakan bis untuk tujuan kota-kota di area Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan sebanyak 848 orang naik kereta api tujuan Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Surakarta dan Madiun.

Masing-masing pemudik gratis akan mendapatkan uang saku sebesar Rp100.000 per orang, makanan ringan dan obat-obatan serta asuransi selama perjalanan.

Adapun peserta mudik gratis Taspen meliputi, masyarakat kurang mampu, pedagang kecil dan termasuk para PNS golongan kecil.

Sementara itu, Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono mengatakan, program perlindungan jiwa bagi pemudik gratis Taspen berlaku pada 8-10 Juni 2018 selama perjalanan ke kampung halaman melalui produk Taspen Group Personal Accident.

Apabila terjadi meninggal dunia, cacat tetap total atau sebagian akibat kecelakaan selama perjalanan ke tempat tujuan, akan mendapatkan uang pertanggunan atau premi maksimal Rp25 juta.

Sedangkan jika masuk perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan akan mendapatkan uang pertanggunan maksimal Rp2,5 juta.

"Dukungan ini sebagai penegasan atas komitmen Taspen Life untuk terus memberikan produk dan pelayanan yang terbaik bagi pemegang saham dan masyarakat," ujar Maryoso.
Arsip. Pemudik bersiap menaiki kereta saat Mudik Bareng BUMN di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (7/6/2018). Jasa Raharja bersama 62 BUMN menyiapkan 200.000 kursi gratis bagi masyarakat yang mudik menuju kampung halamannya. (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018