Jakarta (ANTARA News) - Salah seorang pemain pemenang Piala Dunia FIFA 2002 Brasil Roberto Carlos dan lebih dari 150 tamu merayakan upacara pembukaan "FIFA World Football Museum" yang dipresentasikan oleh Hyundai pada Jumat malam waktu setempat.

Menurut informasi dari Media Channel FIFA untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, Sabtu, pameran di Hyundai Motorstudio Moskow ini digelar khusus untuk Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Pameran tersebut juga untuk merayakan Piala Dunia melalui semangat dan pengabdian para penggemar dan menceritakan sejarah peristiwa itu melalui para pemain yang telah meninggalkan tanda yang tak terhapuskan..

Trofi Pemenang Piala Dunia FIFA 2018, bersama Piala Jules Rimet, piala asli untuk Piala Dunia, diletakkan bersebelahan satu sama lain selama upacara pembukaan. Trofi Pemenang Piala Dunia akan dipamerkan pada 9, 16, 23, dan 27 Juni (tanggal dapat berubah).

"Ini sangat berarti untuk membuka pameran FIFA World Football Museum di sini di Moskow, ibukota negara tuan rumah Rusia dan rumah dari Hyundai Motorstudio Moskow," kata? Wonhee Lee, Presiden dan CEO Hyundai Motor.

"Kami bekerja sama untuk memberikan penggemar sepak bola yang penuh kasih dari Rusia dan seluruh dunia pengalaman tangan pertama yang sangat istimewa selama turnamen Piala Dunia FIFA ini," kata dia.

Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura mengatakan pihaknya beruntung bisa menyaksikan sejarah dalam pembuatan dengan Piala Dunia FIFA 2018.

"Saya menganggap itu tugas FIFA untuk terus menyoroti apa yang membawa kita di sini, semua dari mereka yang menulis sejarah sepak bola dan Piala Dunia FIFA. Dan penting untuk diingat bahwa penggemar sepak bola adalah bagian mendasar dari sejarah ini. Saya senang melihat semua elemen ini dirayakan oleh FIFA World Football Museum dan mitra tercinta Hyundai kami dalam pameran fantastis ini di Moskow," kata dia.

Museum ini telah dibuka untuk umum selama 42 hari hingga 20 Juli 2018, dan gratis.

Pameran ini akan menampilkan objek warisan sepak bola dunia dari FIFA World Football Museum termasuk objek milik pemain seperti Pele, Diego Maradona, Lev Yashin, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, bersama dengan 64 adidas Telstar Official Match Balls yang digunakan untuk kick-off setiap game di Rusia 2018.

Selain itu, para tamu dapat menikmati video yang dikirimkan oleh penggemar dari seluruh dunia selama kompetisi digital "Hyundai World Football Heritage", yang berlangsung dari 15 April hingga 18 Mei. Setiap film menampilkan budaya penggemar bersorak unik dari 32 negara yang berpartisipasi. Pengunjung juga dapat melihat serangkaian kaus bertema pelangi dari 32 tim yang berpartisipasi.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018