Ini daftar aplikasi untuk pantau info mudik

Ini daftar aplikasi untuk pantau info mudik

Kendaraan pemudik terjebak antrean panjang di ruas Tol Fungsional Salatiga-Kartasura, Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, volume penumpang nasional seluruh moda angkutan Lebaran 2018 dari 7 Juni-12 Juni 2018 mencapai 5.118.024 orang dan puncak arus mudik masih berlangsung pada Selasa (12/6/2018) atau H-3 Lebaran dan Rabu (13/6/2018) atau H-2 Lebaran. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA News) - Perjalanan mudik ke kampung halaman, terutama melalui jalur darat, sering kali menimbulkan masalah terutama jika Anda tidak memantau lalu lintas.

Salah memilih jalan atau berbelok arah bisa membuat Anda terjebak kemacetan. ANTARA News menghimpun beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melihat kepadatan jalan hingga mencari tempat beristirahat terdekat.

1. Jalur Mudik BRI 2018
Aplikasi mudik dari BRI menawarkan pencarian tempat makan, pom bensin, hotel hingga tempat wisata yang terdekat dari lokasi. 

BRI juga menyediakan informasi ATM terdekat dan juga bank yang tetap buka saat hari raya, selain menampilkan rekomendasi tempat wisata dan makanan dari daerah tujuan mudik.

2. Ayo Mudik
Aplikasi yang bekerja sama dengan sejumlah kementerian, antara lain Kemenhub dan Kemenkominfo menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk menunjang perjalanan mudik.

Fitur Jalur Mudik dapat membantu pemudik dengan kendaraan pribadi jika belum memahami rute yang akan ditempuh. Ayo Mudik memberikan pilihan jalur mudik untuk Sumatera, Jawa dan Bali.

Pemudik juga dapat menemukan Posko Mudik dan Posko Kesehatan terdekat dari lokasi, begitu juga dengan bengkel, ATM, pom bensin dan pos polisi.

3. JMCare
Aplikasi dari PT Jasa Marga ini berguna bagi pemudik yang akan menggunakan jalan tol. Berbeda dengan beberapa aplikasi yang dapat langsung digunakan, JMCare meminta pengguna untuk mendaftar akun terlebih dulu.

Fitur Asisten Perjalanan dapat membantu pemudik untuk merencanakan perjalanan melalui jalan tol, JMCare akan memberikan tarif tol sesuai dengan jenis kendaraan.

Aplikasi JMCare memiliki fitur CCTV yang terintagrasi dengan layanan Jasa Marga Live untuk memberi tahu situasi terkini jalan yang ingin dilewati berdasarkan pantauan kamera mereka. Jika membutuhkan mobil derek, pengguna bisa memesannya langsung melalui aplikasi ini.

4. NTMC Mudik
Sama seperti aplikasi dari Jasa Marga, NTMC juga mengharuskan pengguna untuk mendaftar sebelum dapat masuk dan mengakses fitur-fitur di dalamnya. 

Aplikasi resmi dari kepolisian ini membantu pemudik untuk melihat lalu lintas melalui fitur peta yang terintegrasi dengan Google Maps dan Waze. Melalui fitur Peta Mudik, pengguna bisa melihat titik-titik yang diperkirakan akan rawan macet.

Pengguna juga bisa melihat keberadaan tempat ibadah, rumah makan, rumah sakit, hotel, bengkel hingga ATM terdekat melalui fitur Info Publik.

5. Mudik BPJS Kesehatan
Fitur terpenting di aplikasi dari BPJS Kesehatan ini adalah informasi fasilitas kesehatan terdekat yang menerima layanan BPJS, serta nomor telepon penting seperti kepolisian atau ambulans.

Perlu diingat, aplikasi ini membutuhkan kapasitas 42MB di perangkat Anda.

Baca juga: Pemudik disarankan gunakan aplikasi mudik

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar