Volgograd (ANTARA News) - Tampil rileks dan fokus dibumbui corak pikir yang optimistis merupakan kunci meraih kemenangan bagi Timnas Inggris manakala melawan Tunisia dalam laga Grup G Piala Dunia 2018. Bagi skuad berjuluk Three Lions, kemenangan adalah harga mati sebagaimana ditegaskan oleh manajer Gareth Southgate.

Tunisia menantang Inggris dalam laga yang diadakan di Volgograd Arena, Volgograd, pada Minggu malam, pukul 21.00 waktu setempat, atau Senin dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu siap ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

"Ini momen yang sangat membanggakan. Keluarga saya menjunjung tinggi semangat kepahlawanan. Kakek saya seorang marinir...tampil membela Inggris di turnamen besar dan sekarang menangani (timnas) Inggris tentu merupakan kebanggaan tersendiri. Saya berada di sini, tidak ingin menjadi turis belaka," kata Southgate.

"Tim ini seharusnya tidak terbebani oleh catatan sejarah. Mereka skuad yang muda. Kebanyakan mereka belum banyak tampil di laga internasional. Masa ada di pundak mereka, untuk itu mereka harus berpikir mengenai apa yang dapat dibuat bagi masa depan," katanya juga.

Sejak Southgate menerima tugas sebagai manajer, skuad Three Lions tampil dengan komposisi pemain muda. Gary Cahill, Phil Jones, Jordan Henderson, Raheem Sterling dan Danny Welbeck merupakan pemain yang pernah tampil di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kini, skuad muda Inggris perlu membuktikan diri. Dan lawan yang dihadapi justru Tunisia yang nota bene memiliki organisasi permainan yang apik, dan penuh disiplin.

Warta terakhir menyebutkan bahwa skuad Tunisia siap tempur dengan kekuatan penuh, dengan menurunkan Wahbi Khazri dan Ali Maaloul. Mereka siap bertempur dengan kepercayaan diri penuh meski lawan yang dihadapi Inggris.

Pelatih Tunisia, Nabil Maaloul mengatakan, "Tim ini punya kualitas, dan tujuan kami mencapai babak kuarter-final, sebagaimana kami tunjukkan dalam serangkaian laga persahabatan."

"Saya seratus persen siap bertanding, saya tidak khawatir sedikitpun. Pertandingan melawan Inggris tidaklah mudah. Kami menghadapi tim besar," katanya juga.

Anatomi Tunisia vs Inggris:

Head-to-head:

* Tunisia dan Inggris bersua dalam laga pembukaan untuk kali pertama di Piala Dunia 1998. Inggris menang 2-0 di Marseille.
* Mereka hanya bertemu dalam laga persahabatan pada 1990 yang berakhir imbang 1-1.

Tunisia:
* Tunisia gagal menang dalam 11 laga terakhir di Piala Dunia sejak kami pertaman melawan Meksiko pada 1978.
* Ini kali pertama Tunisia lolos ke Piala Dunis sejak 2006.
* Tunisia hanya menorehkan satu clean sheet dala12 pertandingan dalam turnamen ini, bermain imbang 0-0 melawan Jerman Barat pada 1978.
* Tunisia mengakhiri babak kualifikasi dengan catatan tidak terkalahkan dan kebobolan empat gol dalam enam pertandingan di babak penyisihan grup.
* Tunisia berada di peringkat 21 menurut catatan FIFA. Ini capaian tertinggi di antara negara-negara Afrika.

Inggris:
* Inggris belum pernah kalah melawan tim asal Afrika di ajang Piala Dunia (tiga kali menang, tiga imbang).
* Inggris hanya sekali berada puncak klasemen babak penyisihan grup dari lima Piala Dunia terakhir, pada 2006.
* The Three Lions hanya kebobolan tiga gol dalam babak kualifikasi.  
* Ini kali keenam Inggris lolos ke Piala Dunia.
* Sejak menjadi juara dunia pada 1966, Inggris hany sekali lolos sampai babak kuarter-final. finis di tempat keempat pada 1990.     
* Inggris belum pernah mencetak lebih dari satu gol dalam sembilan laga terakhir mereka di PIala Dunia.

Data dan fakta:

Tunisia:

* Saif-Eddine Khaoui bersiap tampil dan siap berduet dengan Wahbi Khazri.
* Naim Sliti siap beroperasi di sayap kiri atau menurunkan Nabil Maaloul di lini depan.

Inggris:
* Southgate berencana memasang Ashley Young, Harry Maguire dan Jordan Henderson.
* Marcus Rashford absen dalam laga melawan Tunisia.
* Raheem Sterling siap berpasangan dengan Harry Kane di lini depan, sementara Jesse Lingard dan Dele Alli menempati posisi gelandang.
* Fabian Delph dan Ruben Loftus-Cheek bisa menjadi opsi di lini gelandang.    
     
Prakiraan susunan pemain:

* Tunisia (4-2-3-1):
Mouez Hassen (penjaga gawang); Yassine Meriah, Syam Ben Youssef, Dylan Bronn, Ali Maaloul; Ellyes Skhiri, Anice Badri, Ferjani Sassi; Fakhreddine Ben Youssef, Wahbi Khazri, Naim Sliti.

* Inggris (3-4-1-2):
Jordan Pickford (penjaga gawang); Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Harry Kane (38,46 persen)
2.Raheem Sterling (15,38 persen)
3.Dele Alli (15,38 persen)
4.Jesse Lingard (15,38 persen)
5.Ali Maâloul (7,69 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Inggris punya catatan rekor sejarah yang tidak terlalu bersinar di ajang Piala Dunia. Three Lions hanya membukukan sekali menang dalam delapan pertandingan di ajang Piala Dunia (empat kali imbang, tiga kali kalah).
* Tunisia berperan sebagai underdog. Mereka akan menjajal timnas yang punya tradisi sepak bola kelas dunia.
* Inggris perlu lebih fokus dalam menjalin serangan, karena Tunisia bukan tidak mungkin melapis pertahanan dengan rapat.

Prediksi laga:
*Tunisia: 0
* Inggris; 1

Baca juga: Harry Kane jadi kapten Timnas Inggris
Baca juga: Inggris target tembus perempat final Piala Dunia

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018