Solo (ANTARA News) - Kemeriahan Piala Dunia hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 96 Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

Para petugas di TPS tampil dengan kostum-kostum pemain tim nasional sepak bola dari sejumlah negara.

Agar semakin semangat, pemilih pun diminta untuk ikut merasakan keceriaan Piala Dunia dan Pilkada dengan menendang bola ke arah gawang sebelum memasuki bilik suara.

"Kami sengaja menciptakan game untuk para pemilih yang datang agar lebih seru. Mereka jadi lebih semangat mencoblos surat suara," kata Ketua KPPS TPS 96 Ngatiman.

Ia mengatakan tema piala dunia tidak semata-mata diangkat karena bersamaan dengan momentum pilkada, tetapi ada harapan di balik itu.

"Kami berharap supaya gubernur dan wakil gubernur (Jawa Tengah) terpilih bisa seperti pemain sepak bola, dimana mereka bisa menerapkan fairplay, jujur, damai, dan tidak ada keributan," katanya.

Ia juga berharap apabila gubernur maupun wakil gubernur terpilih melakukan kesalahan bisa menerima dan menanggung konsekuensinya.

"Ketika diingatkan masyarakat akan kesalahannya harus menerima dan akhirnya dijatuhi status hukum juga bisa menerima dengan legowo," katanya.

Ia mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk memeriahkan TPS tersebut sekitar Rp5 juta. Sebagian dana merupakan swadaya masyarakat dan sebagian lagi dana operasional dari KPU.

Sementara itu, salah satu warga Priyanto mengatakan senang dengan adanya tema tersebut karena TPS terlihat lebih meriah.

Mengenai gubernur dan wakil gubernur terpilih, ia berharap kinerja yang sudah dilakukan gubernur sebelumnya dapat terus ditingkatkan.
 

Pewarta: Aries Wasita Widi Astuti
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018