Semarang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Wahana wisata, gerai makanan dan toko busana ikut mendukung upaya menyukseskan pemilihan kepala daerah dengan memberikan diskon bagi konsumen yang sudah menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota pada Rabu.

"Kami memberikan diskon pembelian tiket masuk sebesar 50 persen bagi masyarakat yang menunjukkan salah satu jarinya yang bertinta sebagai tanda sudah menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing," kata Anton Hermawan, staf bagian promosi wahana wisata air Water Blaster di Semarang.

Pemberian potongan harga tiket masuk Water Blaster dari Rp80 ribu menjadi Rp40 ribu, menurut dia, ditujukan untuk mendorong warga menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun ini.

"Selain itu, program diskon pembelian tiket masuk agar tidak banyak masyarakat yang golput, gunakan hak pilihnya, apapun pilihannya yang penting nyoblos di TPS," ujarnya.

Khusus hari pemungutan suara pilkada pada Rabu, Water Blaster akan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Sementara gerai makanan Wingkorolls memberikan diskon 15 persen bagi warga yang sudah menggunakan hak pilih.

"Program diskon 15 persen tanpa batas ini untuk semua produk yang kami jual, syaratnya cuma menunjukkan jari bertinta, program ini tanpa batas sehingga masyarakat yang membeli produk dengan harga berapapun akan dapat diskon 15 persen," kata Supervisor Marketing Semarang Wingkorolls Mentari Yunianingrum.

Program diskon 15 persen hanya berlaku di Gerai Semarang Wingkorolls Jalan Kawi No.3, Jalan Pierre Tendean No.14B, dan. Jalan Pandanaran No.49 Semarang.

"Alhamdulillah respons masyarakat atas program diskon 15 persen ini cukup baik, banyak masyarakat yang antusias menunjukkan jari bertintanya," ujarnya.

Toko Busana Rabbani juga memberikan diskon hingga 20 persen kepada warga yang menggunakan hak pilih.

"Diskon diberikan kepada para pemilih hingga 20 persen. Ini bagian dari cara kami untuk ikut menyemarakkan pesta demokrasi pilkada tahun ini," kata Regional Sales Manager Jawa Tengah Eko Wibowo.

Eko menjelaskan promo diskon tersebut merupakan bagian dari cara Rabbani mengapresiasi mereka yang sudah memilih calon pemimpin daerahnya masing-masing dalam pilkada serentak.

Di Jawa Tengah, pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun ini diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen yang diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Golkar; serta Sudirman Said-Ida Fauziyah yang maju dengan dukungan Partai Gerindra, PAN, PKS dan PKB.

Baca juga: 27 juta orang sah masuk DPT untuk Pilgub Jateng
 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018