Sukabumi (ANTARA News) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Sukabumi, Jawa Barat menyatakan selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi dan Jabar tidak ditemukan pelanggaran berat.

"Semuanya berjalan lancar, aman, kondusif, dan sukses," kata Ketua Panwaslu Kota Sukabumi M Aminudin, di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, selama penyelengaraan pilkada baik pemilihan wali kota dan wakil wali kota Sukabumi maupun pemilihan gubernur Jabar pelanggaran yang terjadi masih ringan seperti pemasangan atribut kampanye sembarangan dan lain-lain.

Selain itu, pada saat pelaksanaan pemungutan suara pun masih ditemukan adanya pelanggaran seperti yang dilakukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Namun, pelanggaran tersebut hanya bersifat teknis dan tidak mempengaruhi perolehan suara masing-masing pasangan calon wali dan wakil wali kota.

Dia menambahkan, jumlah pelanggaran yang?terjadi sejak pelaksanaan pilkada berlangsung masih dalam proses rekapitulasi.

"Tidak ada gesekan antarpendukung, simpatisan, relawan maupun tim sukses pasangan calon. Secara global pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan lancar dan sukses," katanya pula.

Aminudin mengimbau kepada tim pasangan calon yang diprediksi menang melalui hitung cepat, agar tidak melakukan eforia berlebihan yang bisa terjadi permasalahan. Saling menghargai dan menghormati agar pelaksanaan pilkada hingga pelantikan ini tetap berjalan damai.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018