Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Swedia memastikan diri melaju ke perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Swiss 1-0 dalam laga putaran 16 besar di Stadion Saint Petersburg, Sankt Petersburg, Rusia, Selasa.

Tiket perempat final Piala Dunia tersebut merupakan capaian keenam sepanjang sejarah dan pertama kalinya bagi Swedia dalam 24 tahun terakhir.

Terakhir kali mereka mencapai perempat final adalah pada 1994 di Amerika Serikat, kala itu mereka bahkan melaju hingga ke semi final namun kalah tipis 0-1 dari Brazil, yang belakangan menjadi juara. 

Swedia sendiri berakhir sebagai peringkat ketiga usai mengalahkan Bulgaria 4-0 di perempuatan tempat ketiga.

Kali ini, sebuah gol semata wayang yang dicetak gelandang serang RB Leipzig Emil Forsberg menjadi mesin pencetak tiket perempat final bagi Swedia.

Baca juga: Tiket perempat final untuk Swedia, Swiss pulang

Baca juga: Tendangan Forsberg antarkan Swedia ke perempat final


Datang ke Rusia dengan catatan menyingkirkan negara sekaliber Belanda dan Italia dari babak kualifikasi zona Eropa, Swedia tetap menyandang status sebagai tim yang tak diunggulkan.

Pun demikian, status tersebut bukan tidak mungkin malah menjadi pelecut semangat bagi tim besutan Janne Andersson untuk mengulangi atau bahkan melampaui catatan para pendahulu mereka di masa lampau.

Di perempat final, Swedia akan menunggu pemenang laga 16 besar lainnya antara Kolombia kontra Inggris yang baru berlangsung pada Rabu (4/7) dini hari WIB.

Baca juga: Prediksi Kolombia vs Inggris

Berikut galeri foto kepastian Swedia melaju ke perempat final Piala Dunia 2018 :
Penyerang Swiss Josip Drmic (kiri) berebut bola dengan gelandang Swedia Gustav Svensson. (ANTARA FOTO/REUTERS/Darren Staples)
 
Gelandang Swiss Blerim Dzemaili (kiri) berebut bola dengan Forsberg. (AFP/Gabriel BOUYS)
 
Gelandang serang Swiss Xherdan Shaqiri (kanan) berusaha mengendalikan bola di tengah kawalan bek Swedia Ludwig Augustinsson. (AFP/Giuseppe CACACE)
 
Gelandang Swiss Valon Behrami (depan) berusaha mengendalikan bola di tengah upaya penyerang Swedia Marcus Berg merebut bola. (AFP/Olga MALTSEVA)
Sudut pandang lain momen yang sama. (AFP/Giuseppe CACACE)
 
Penyerang Swedia Ola Toivonen (kiri) berebut bola dengan bek Swiss, Ricardo Rodriguez, pada pertandingan 16 besar Piala Dunia Rusia 1688 antara Swedia dan Swiss di Stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg (3 Juli 2018). (Jewel SAMAD / AFP)
 
Reaksi kiper Swiss Yann Sommer (belakang) saat bola tendangan Forsberg yang sempat membentur kaki bek Manuel Akanji (kanan) sebelum berbuah gol semata wayang kemenangan Swedia. (AFP/Christophe SIMON)
Para pemain Swedia meluapkan kegembiraan atas gol tersebut, termasuk Forsberg (kanan). (AFP/Giuseppe CACACE)
 
Akanji (kedua kanan) menyundul bola di tengah upaya Swiss menyamakan kedudukan. (AFP/Gabriel BOUYS)
Berg (kiri) berusaha merebut bola dari penguasaan bek Swiss Johan Djourou. (AFP/Giuseppe CACACE)
 
Berg (depan) berusaha mengendalikan bola di tengah kawalan Akanji. (AFP/Jewel SAMAD)
 
Reaksi Akanji yang menutup wajahnya dengan seragam tim setelah "turut andil" dalam gol penentu kekalahan negaranya dari Swedia setelah peluit tanda laga usai berbunyi. (AFP/Jewel SAMAD)



 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018