Palembang (ANTARA News) - Uji dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) Sumsel di Palembang sudah sampai Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dari Depo Jakabaring setelah sebelumnya hanya sejauh 15 kilometer.

"Pengujian sudah sampai stasiun bandara sejak 3 Juli lalu, dan ini terus dilakukan," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel Suranto di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan uji dinamis sampai stasiun RSUD cukup mendapat tantangan karena jalur yang ditempuh masuk ke beberapa tikungan cukup tajam.

Lantaran itu, saat melintasi tikungan, kereta diuji dengan hanya kecepatan sedang. "Namun, pada prinsipnya kami telah mendapatkan parameter yang diinginkan agar kereta bisa melaju dengan aman," ujar Suranto.

Ia menjelaskan pengujian sampai Stasiun Bandara tersebut diawali dengan dilakukan sterilisasi jalur yakni memastikan sarana kelistrikan tersedia sepanjang jalur Stasiun RSUD sampai Bandara SMB II.

Dari progres terbaru ini, Suranto mengatakan bahwa perkembangan uji dinamis kereta LRT menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Dengan begitu, ia menjamin bahwa tidak akan mengganggu rencana launching LRT Sumsel oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Juli 2018.

Terkait kepastian Presiden bakal meluncurkan LRT Palembang itu, ia mengatakan sejauh ini tidak terjadi perubahan jadwal.

Trainset LRT Sumsel 5 dan 6 sudah tiba Palembang sehingga total trainset yang sudah ada di Palembang sebanyak 6 unit. Terkait 2 unit trainset yang tersisa, Suranto menargetkan tiba di Palembang 10 Juli mendatang.

Baca juga: LRT Palembang dijadwalkan diresmikan Presiden pertengahan Juli

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018