Surabaya (ANTARA News) - Persebaya menaklukkan Bali United dengan skor 1-0 pada lanjutan pekan ke-14 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu malam.

Gol kemenangan Bajul Ijo, julukan Persebaya, dicetak oleh Irfan Jaya menit ke-82 setelah memanfaatkan umpan Ruben Sanadi. "Poin penuh yang wajib disyukuri," ujar Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera kepada wartawan usai pertandingan.

Jalannya pertandingan, pada babak pertama saling jual beli serangan terjadi antara kedua tim, masing-masing dimotori oleh Irfan Jaya dari Persebaya dan Stefano Lilipaly dari Bali United.

Bali United sempat mendapat kesempatan melalui tendangan bebas oleh Fadil Sausu, tapi tendangannya mampu diamankan dengan baik oleh kiper Persebaya Miswar Saputra.

Begitu juga saat tuan rumah yang memasang poin penuh saat mendapat peluang menit ke-7 melalui Irfan Jaya, tapi sontekannya masih berhasil ditepis kiper Bali United Wawan Hendrawan.

Lepas 15 menit awal, kedua tim tetap bermain ofensif dan mengandalkan pemain-pemain sayapnya untuk membongkar pertahanan lawan, tapi sama-sama bisa diredam hingga 45 menit babak pertama dan skor tetap 0-0.

Pada babak kedua, kedua tim yang sama-sama membutuhkan poin untuk mendongkrak posisinya ke papan atas klasemen sementara tetap bermain menyerang, termasuk melakukan sejumlah pergantian pemain untuk menambah daya gedor.

Enam menit babak kedua berjalan, sundulan Sidik Saimima yang menyambut umpan Yohanes Pahabol nyaris membawa Persebaya unggul, tapi masih di atas gawang Bali United.

Begitu juga tendangan Yohanes Pahabol memasuki menit ke-68 yang bola tendangannya hanya membentur mistar gawang sehingga skor tidak berubah.

Bali United bukannya tanpa peluang, berkali-kali Stefano Lilipaly mendapat umpan matang di kotak penalti, tapi ketidaktenangannya membuat beberapa peluang terbuang.

Gol yang ditunggu-tunggu puluhan ribu Bonek Mania akhirnya datang delapan menit sebelum bubar, setelah Irfan Jaya merobek jala Wawan Hendrawan sekaligus memastikan Persebaya meraih poin penuh. Kemenangan ini membawa Persebaya merangkak naik ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 18 poin hasil menang empat kali, seri enam kali dan kalah tiga kali.

Sedangkan, Bali United harus turun dari peringkat 10 ke peringkat 13 dengan raihan 17 poin hasil empat kali menang, lima kali seri dan lim kali kalah.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018