Kami menghormati seluruh proses dan tahapan, kami hormati juga hasil dan keputusan KPU Jateng sebagai institusi penyelenggara pilkada,"
Semarang (ANTARA News) - Pasangan Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziyah mengucapkan selamat bekerja kepada Ganjar Pranowo/Taj Yasin Maimoen yang memenangi Pilgub Jateng 2018.

"Kepada pasangan calon nomor 1 yang oleh KPU Jawa Tengah baru saja dinyatakan memperoleh suara formal paling banyak, kami berdua beserta seluruh partai pendukung dan sukarelawan mandiri mengucapkan selamat bekerja, mengemban amanah seluruh warga Jateng," kata Sudirman Said didampingi Ida Fauziyah di Semarang, Senin.

Ia menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak akan dan tidak boleh menghambat tahapan formal pilkada selanjutnya setelah penyampaian rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jateng oleh KPU provinsi setempat.

"Kami menghormati seluruh proses dan tahapan, kami hormati juga hasil dan keputusan KPU Jateng sebagai institusi penyelenggara pilkada," ujarnya.

Pasangan cagub bernomor urut 2 itu berkomitmen untuk terus bersama-sama warga Jawa Tengah, para sukarelawan, seluruh partai koalisi, dan partai pendukung, yakni Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Bulan Bintang untuk terus berjuang bagi perbaikan dan penyempurnaan demokrasi.

"Kami tetap di sini, bersiap untuk panggilan tugas berikutnya, apa pun yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh warga. Sejak awal, niat kami berdua adalah menebarkan kebaikan dan kemanfaatan bagi sebanyak-banyaknya warga Jateng dan warga Indonesia seluruhnya," katanya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atas hasil perolehan suara pada Pilgub Jateng 2018, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan partai politik.

"Tentu saja menggugat atau tidak itu tergantung pada keputusan pimpinan partai koalisi. Kami sedang memberikan catatan temuan-temuan dari tim advokasi. Tentu akan dipertimbangkan banyak hal, persyaratan-persyaratan dan bukti pendukung. Sekali lagi kami serahkan pada pimpinan partai koalisi nanti," ujarnya.

Berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pilgub Jateng 2018, pasangan Ganjar Pranowo/Taj Yasin Maimoen memperoleh 10.362.694 suara atau 58,78 persen dan pasangan Sudirman Said/Ida Fauziyah mendapat 7.267.993 suara atau 41,22 persen.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018