Banjarbaru (ANTARA News) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai pertama yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Ketua Dewan Pengurus Cabang PPP Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di Kota Banjarbaru, Selasa mengatakan, pihaknya memanfaatkan momentum tanggal 10 untuk menyerahkan berkas.

"Partai kami nomor urut 10 sehingga penyerahan berkas dilakukan tanggal 10 pukul 10.10 Wita," ujarnya didampingi sejumlah pengurus usai menyerahkan berkas ke KPU setempat.

Ia mengatakan, penyerahan dokumen persyaratan administrasi bagi bakal calon anggota DPRD dilakukan dengan cara yang unik yakni menggunakan mobil odong-odong menuju kantor KPU.

Jarak yang ditempuh cukup jauh mulai dari kantor sekretariat DPC PPP kawasan Kota Santri Kelurahan Guntung Manggis menuju Kantor KPU Jalan Trikora sekitar tiga kilometer.

"Kami sengaja menggunakan mobil odong-odong karena menjadi ciri khas Kota Banjarbaru tepatnya di Lapangan Murjani yang banyak terdapat mobil odong-odong sebagai hiburan," ucapnya.

Ditekankan, keberadaan mobil odong-odong menjadi magnet bagi pariwisata Banjarbaru khususnya bagi orang luar yang datang ke Banjarbaru dan singgah di Lapangan Murjani pada malam hari.

"Kami ingin lebih memperkenalkan ciri khas pariwisata Banjarbaru terutama kawasan Lapangan Murjani yang banyak dihiasa mobil odong-odong," ujar Wakil Wali Kota Banjarbaru itu.

Menurut dia, terkait dokumen yang diserahkan ke KPU sudah melalui proses verifikasi di internal partai sehingga bisa dipastikan kelengkapan dokumen sudah memenuhi syarat.

"Kami sudah melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan dalam dokumen melalui verifikasi internal sehingga dipastikan dokumen lengkap. Jika kurang, segera dilengkapi," ujarnya.

Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat mengatakan, penerimaan berkas atau dokumen persyaratan administrasi bacaleg DPRD Banjarbaru dilaksanakan sejak tanggal 4-17 Juli 2018.

"Penerimaan dokumen dimulai sejak tanggal 4 Juli lalu, tetapi baru PPP yang pertama menyerahkan dokumen dan segera kami proses untuk mengetahui kelengkapan," katanya.

Dikatakan, partai lain sebanyak 15 partai menyerahkan dokumen sebelum tanggal 17 Juli karena proses verifikasi dilaksanakan bersamaan dimulai sejak tanggal 5-18 Juli 2018.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018