Trump sebut AS harus cari cara bekerja sama dengan Rusia

Trump sebut AS harus cari cara bekerja sama dengan Rusia

Presiden Amerika Serikat Donal Trump (keempat kiri) mengikuti pertemuan bilateral bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (ketiga kanan) di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7/2018). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa ia telah melakoni perbincangan produktif dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang disebutnya telah mengubah hubungan kedua negara yang tidak pernah mengalami kondisi yang lebih buruk.

Hal itu disampaikan Trump dalam konferensi pers bersama Putin seusai pertemuan puncak kedua pemimpin di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7) setempat.

"Jika kita ingin menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi dunia, kita harus mencari cara untuk bekerja sama," kata Trump sebagaimana dilansir Reuters.

Menurut Trump, ia dan Putin telah berbicara mengenai banyak isu penting kedua negara, termasuk konflik di Suriah, soal Iran, perkara terorisme global dan masalah pengendalian senjata nuklir.

Trump bahkan menyatakan bahwa ia dan Putin juga sudah membicarakan mengenai tudingan intervensi pemilu oleh Rusia terhadap AS.

"Kami mengambil langkah pertama menuju masa depan yang lebih cerah, didasarkan pada kerja sama dan perdamaian," kata Trump.

"Menolak untuk terlibat bersama tidak akan menyelesaikan apapun," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Trump-Putin duduk bersama di Helsinki

Baca juga: Kepada Trump, Putin berkata: saatnya membicarakan hubungan

Penerjemah: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar