Jakarta (ANTARA News) - Pemain tunggal putri Indonesia Yulia Yosephin Susanto tersingkir dari turnamen Singapura Terbuka 2018 setelah satu jam berjuang melawan pebulu tangkis Han Yue dari China dalam pertandingan perempat final di Singapore Indoor Stadium, Jumat.

Yulia dikalahkan Han Yue 11-21, 21-19, 14-21.

Berdasarkan statistik pertandingan, Yulia, yang sejak putaran pertama harus bermain rubber gim, kehilangan gim pembuka 11-21 setelah lawannya memimpin perolehan angka sejak poin pertama tanpa pernah terkejar.

Pada gim kedua, Yulia balik memimpin pertandingan setelah membukukan enam poin beruntun sehingga unggul 9-5. Sejak itu ia tidak terkejar hingga merebut gim kedua 21-19 sekaligus memaksa digelarnya gim penentuan.

Yulia, yang saat ini menempati peringkat 76 dunia, kembali memimpin pada gim ketiga setelah berhasil menyamakan kedudukan 5-5 dan unggul 7-5 melalui lima poin beruntun. Ia terus melaju hingga memimpin 14-7 atas Han Yue.

Namun, alih-alih menambah poin untuk meraih kemenangan, langkah Yulia justru tertahan dan harus mengakui keunggulan lawannya ketika pemain berperingkat 47 dunia Han Yue mencetak 14 angka beruntun untuk menyudahi pertandingan dengan kemenangan 21-14.

Kekalahan Yulia membuat Indonesia tidak punya wakil tunggal putri pada semifinal turnamen berhadiah total 335 ribu dolar AS tersebut.

Meski demikian, Indonesia memastikan satu tempat di final setelah dua ganda campuran, unggulan pertama Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir serta Akbar Bintang Cahyono dan Winny Oktavina Kandow berhasil lolos ke semifinal dan akan bertemu dalam laga empat besar tersebut.

"Bangga banget dan senang, karena kapan lagi bisa tembus semifinal sekelas super series. Ini menjadi motivasi kita ke depannya," kata Akbar seperti dikutip laman resmi PBSI.

Baca juga: Tontowi/Liliyana jumpa Akbar/Winny di semifinal Singapura

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018