Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian akan merumuskan langkah-langkah strategis pengembangan sektor industri lainnya di luar sektor prioritas dengan tetap menerapkan skema sistem industri 4.0 di Indonesia.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan, dalam peta jalan Mewujudkan Indonesia 4.0 telah ditetapkan lima sektor industri prioritas, namun bukan berarti sektor lain tidak dikembangkan dan dikesampingkan Kementerian Perindustrian.

"Pemilihan sektor prioritas bukan berarti bahwa sektor lain dikesampingkan dalam penerapan industri 4.0. Kami berkomitmen untuk memajukan seluruh sektor industri di Indonesia," kata Airlangga, dalam Innofest ID 2018, bertajuk Building Innovation Ecosystem For Making Indonesia 4.0, di Jakarta, Selasa.

Menurut Airlangga, untuk sektor lain itu akan dirumuskan pada tahapan berikutnya yang juga akan menerapkan sistem industri 4.0. Selain itu, dalam peta jalan tersebut telah disiapkan inisiatif strategis persiapan dan penerapan industri 4.0 yang bersifat lintas sektoral.

Beberapa langkah strategis itu antara lain adalah reoptimalisasi rantai pasok, membangun infrastruktur digital secara nasional, meningkatkan kemampuan SDM industri khususnya bidang kompetansi digital dan kewirausahaan, memicu peningkatan inovasi melalui insentif, dan mengoptimalkan regulasi di sektor industri.

Lima industri prioritas yang masuk dalam implementasi industri 4.0 adalah industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri elektronik, industri kimia, dan industri tekstil dan produk tekstil. Sektor-sektor tersebut dinilai telah memiliki kesiapan dan perpotensi memberikan daya ungkit yang paling besar.

Fenomena industri 4.0 dinilai memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur dan mempercepat upaya dalam mencapai aspirasi besar yakni Indonesia menjadi kekuatan ekonomi besar dunia pada 2030, mengembalikan posisi ekspor neto, dan mendorong peningkatan kontribusi manufaktur terhadap PDB.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, saat ini perekonomian Indonesia masih menunjukkan kinerja yang baik. Salah satunya bisa dilihat melalui laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2018 yang mencapai 5,96 persen.

Pertumbuhan ekonomi tersebut ditopang oleh sektor industri yang pertumbuhannya mencapai 5,03 persen pada periode tersebut, yang lebih baik dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sebesar 4,80 persen.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018