Dumai, Riau, (ANTARA News) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Riau merilis sekitar 50 anggotanya yang ikut mendaftar sebagai bakal calon legislatif untuk Pemilu 2019 dari berbagai partai politik, dan sebagian besar adalah wartawan senior.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Dumai, Selasa, menilai banyaknya wartawan PWI yang maju sebagai caleg merupakan kebanggaan, apabila nantinya mendapat amanah.

"Ada juga beberapa wartawan muda ikut meramaikan pesta demokrasi lima tahunan ini, dan perkiraan kami sekitar lima puluhan ikut maju jadi caleg," kata Zulmansyah.

Dijelaskan, kepesertaan wartawan menjadi calon anggota DPRD ini tersebar di 12 kabupaten kota di Riau, dan terbanyak di Kota Pekanbaru dengan 16 orang maju menjadi caleg.

Berdasarkan Surat Edaran PWI Pusat tanggal 17 Juli 2018, Nomor 184/PWI-P/LXXII/2018, khusus bagi pengurus PWI wajib mengajukan cuti setelah dijadikan Daftar Calon Tetap (DCT) Legislatif.

Menurutnya, dalam peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI, tidak ada diatur larangan bagi wartawan ikut sebagai calon legislatif, hanya saja yang dilarang adalah menjadi anggota partai politik.

"Setelah daftar calon tetap keluar, kita harap para anggota maju sebagai caleg bisa patuh terhadap peraturan organisasi dengan mengajukan cuti," sebutnya.

PWI Riau selain merasa bangga dan bahagia dengan banyak anggota dipercaya dan diamanahkan menjadi calon wakil rakyat, tentunya berharap nanti bisa bekerja dengan baik dan amanah.

Anggota PWI Riau maju caleg Pemilu 2019 di Pekanbaru, Novrizon Burman (Golkar), Makmur Kasim (PAN), Edi RM (DPD), Saparudin Koto (Gerindra), Hendri Agustira (PAN), Zulfikri (Golkar), Manaor Sinaga (Hanura), Saidul Tombang (PKS), Faisal Sikumbang (PPP), Novita (PAN), Lismar Sumirat (PAN), Anotona Nazara (PDIP), Eriyanto Hadi (Demokrat), Jhon Hendri (Perindo), Munazlen (NasDem) dan Erma Sri Melyati (PKB).

Untuk Kota Dumai, Suseto (PDIP), Hamdan Lubis (PPP), Ibnu Chaliq (Demokrat), Syafrizal (PAN) dan Rezi Andika Putra (PPP), kemudian Bengkalis, Usman Malik (PAN), Darpius (Demokrat), Oni Syahrial (PDIP), Erwan Sani (Demokrat).

Kabupaten Rokan Hilir, Jhoni Saputra (NasDem), M Syawal (Gerindra), Rokan Hulu Syafri Is (Golkar). Kampar Adi Jondri (Nasdem), Rina Dianti Hasan (PPP), Defrizal (Gerindra). Inhil Rida Ayu Agustina (PKB), Efendi Aqil (PPP), Jumiardi Ali (PAN), Ardiyansyah (PKB), Agus Ramli (PAN) dan M Yusuf (PDIP).

Selanjutnya, untuk Kabupaten Inhu M Rouf Azizi (Golkar), Sandar Nababan (Garuda). Kepulauan Meranti Sabar Damanik (NasDem), Andi Saputra (Nasdem) dan Amrul Rizal (Perindo). Pelalawan Asnol Mubarack (PPP), Yahya (Golkar), Rojuli (Gerindra) dan Irfan Panjaitan (Hanura). Terakhir Siak, Ali Masruri (Gerindra), Wiwik Wirdaningsih (Demokrat), Effendi (PDIP) dan Sutrimo (Gerindra).

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018