Kuta, Bali (ANTARA News) - Seorang warga negara Amerika Serikat, Sanford Gregory Hingginbotham (78), ditemukan meninggal dunia di dalam rumah kontrakannya di Perumahan Puri Gading, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

"Korban pertama kali ditemukan saksi I Wayan Suwirya yang akan menagih STNK motornya yang disewa korban. Saksi kaget melihat korban meninggal dunia saat mengintip dari kaca jendela rumah korban," kata Kapolsek Kuta Selatan, Kompol Nengah Patrem diwakili Kanit Reskrim, Iptu Muh Nurul Yaqin di Kuta Selatan, Bali, Rabu.

Ia menuturkan, saksi kemudian melaporkan kejadian itu kepada tetangga korban dan kepala lingkungan yang selanjutnya dilaporkan kepada polisi.

"Saksi datang ke rumah korban pukul 09.22 Wita? dan mendapat laporan itu, anggota lantas menuju TKP," ujarnya.

Dari hasil identifikasi TKP, polisi menemukan korban sudah meninggal dunia dengan posisi duduk menungging di atas meja ruang tamu dengan posisi badan menghadap ke timur dan posisi kepala menghadap ke selatan.

"Di lokasi penemuan jenazah, juga ditemukan banyak bungkusan obat-obatan," ujarnya.

Setelah melakukan identifikasi, petugas lantas memasang garis polisi di rumah tersebut dan memeriksa saksi-saksi yang melihat kejadian itu.

"Selanjutnya petugas menghubungi ambulans BPBD untuk membawa jenazah korban ke Kamar Jenazah RSUP Sanglah," katanya.

Ia mengatakan, polisi telah mengajukan permintaan otopsi terhadap jenazah korban untuk mengetahui penyebab kematiannya. Namun, petugas juga menunggu pihak keluarga korban terkait rencana otopsi tersebut.

"Hasil olah TKP awal tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan sementara korban meninggal dunia diduga karena sakit," katanya.

Sementara itu, menurut keterangan saksi I Wayan Suwirya (61), pukul 08.45 Wita pada saat datang ke rumah korban untuk keperluan mencari STNK motor sewaan miliknya.

"Saya masuk ke halaman rumah korban dan mengetuk pintu rumah lanjut memanggil-manggil nama korban berkali-kali, namun nihil ada jawaban dari dalam rumah," katanya.

Kemudian saksi melihat dari balik jendela ternyata korban sudah dalam keadaan duduk nungging tidak bernyawa di atas meja tamu dengan posisi badan ketimur dengan posisi kepala menghadap ke utara.

"Saya kemudian keluar meminta bantuan kepada tetangga korban yakni Subawa dan sempat bersama-sama mengecek korban hanya lewat jendela," ujarnya.

Selanjutnya, saksi Subawa pergi ke rumah Kepala Lingkungan Banjar Buana Gubuk untuk melaporkan adanya warga negara asing yang meninggal itu.

"Saya hanya menunggu di luar rumah sampai kepala lingkungan datang di rumah korban. Korban selama ini tinggal seorang diri sejak tiga tahun silam dan korban bekerja sebagai arsitek," ujar saksi.

 

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018