Mekkah (ANTARA News) - Jamaah calon haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, mulai memadati area keran air Zamzam yang bisa diminum langsung di sekitar area Masjidil Haram, Mekkah.

Berdasarkan pengamatan Antara pada Kamis malam Waktu Arab Saudi, antrean terjadi di keran Zamzam yang dekat dengan pintu King Abdulazis. Kawasan ini berada di pelataran luar Masjidil Haram.

Area pintu itu berhadapan dengan Zamzam Tower yang merupakan gedung pusat perbelanjaan. Di zona tersebut terlihat jamaah dari berbagai negara dengan identitasnya masing-masing seperti dari Indonesia, Thailand, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan dan lainnya.

Jamaah dari berbagai negara mengambil air Zamzam untuk minum di sela ibadah mereka, baik yang berumrah, shalat, tawaf sunnah dan lainnya.

Beberapa pengunjung ada yang membawa alat tampung untuk air Zamzam baik itu berupa botol, jerigen, plastik dan lainnya.

Pengelola Masjidil Haram sendiri menyediakan gelas plastik sekali pakai yang bisa digunakan untuk menampung air Zamzam berukuran kurang dari 200 mililiter.

Di sekitar keran air, terdapat tempat sampah untuk membuang gelas sekali pakai itu. Nampak juga sejumlah petugas kebersihan dan keamanan guna menjaga kawasan itu tetap kondusif.

Adapun jamaah calon haji (JCH) Indonesia kloter gelombang pertama yang saat ini mulai berada di Mekkah sejak Kamis.

Artinya, JCH Indonesia mulai melakukan amalan-amalan wajib dan sunnah sebelum melakukan ibadah haji.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018