Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta menyatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mensosialisasikan himbauan pemasangan spanduk Asian Games bagi pelaku usaha industri Pariwisata.
  
"Sosialisasi terus digencarkan, karena sudah ada surat edarannya," kata Pengawas dan Pembina Industri Pariwisata Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan Masri Sabar saat dihubungi di Jakarta, Senin.
  
Menurutnya, himbauan pemasangan spanduk tidak hanya terbatas pada rute atau wilayah yang dilintasi Pawai Obor (Torch Relay) atau dekat lokasi tanding Asian Games 2018.
  
Permintaan pemasangan spanduk Asian Games diperuntukkan ke seluruh pengusaha bidang pariwisata di Jakarta.
  
"Walau sifatnya (surat edaran) meminta, tetapi dari pihak pemerintah akan terus mengingatkan para pelaku usaha di pariwisata untuk setidaknya memasang satu (spanduk Asian Games) sebagai bentuk dukungan," terang Masri.
  
Berdasarkan Surat Edaran Nomor 30/SE/2018 tentang Pemasangan Umbul-Umbul dan Lampu Hias di Lingkungan Usaha Swasta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, para pelaku usaha diminta agar turut serta memeriahkan Asian Games.
  
"Dengan ini diberitahukan kepada para pelaku usaha pariwisata diminta agar turut serta memeriahkan HUT RI ke-73 dan Asian Games 2018 dengan memasang umbul-umbul, spanduk atau baliho, lampu hias, dan ornamen estetika lainnya di lingkungan usaha saudara," demikian isi Surat Edaran yang ditetapkan pada 26 Juni oleh Kepala Disbudpar DKI Jakarta Tinia Budiati.
  
Kegiatan pemasangan spanduk dan ornamen hias ditetapkan berlaku sejak 1 Juli sampa 3 September.
  
"Kegiatan sebagaimana dimaksud dilakukan secara mandiri dan swadaya," tambahnya.
  
Asian Games 2018 akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di dua tempat, Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September.
  
Sekitar 16 ribu atlet dan ofisial dari 45 kontingen negara Asian Games akan bertanding memperebutkan medali pada 465 nomor pertandingan dalam 40 cabang olahraga.
  
Sebelum pesta olahraga berlangsung, pihak penyelenggara telah mengadakan pertandingan uji coba pada Februari, dan pawai obor Asian Games pada Juli hingga Agustus.
  
Rencananya, obor Asian Games akan turut diarak ke Taman Margasatwa Ragunan pada 15 Agustus.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018