Asian Games 2018

Anies kunjungi kampung Tematik Sketsa di Penjaringan

Anies kunjungi kampung Tematik Sketsa di Penjaringan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melihat lukisan mural di kampung Tematik Sketsa di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (31/07/2018). Susylo Asmalyah/Antara

Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi kampung Tematik Sketsa di Penjaringan Jakarta Utara, Selasa dalam rangka menyambut Asian Games XVIII Tahun 2018.
     
Gubernur meninjau kawasan Tugu Titik Awal Pembangunan Pantura Jakarta, Gedung Galangan VOC, dimana setiap sudut kampung banyak lukisan mural yang menambah meriah suasana.
       
Perkampungan tersebut terlihat bersih, Anies bahkan menaiki sepeda ontel yang dipampang di rumah salah satu warga.  "Jadi ingat saat masih kuliah," katanya.
     
Dia melihat - lihat lukisan mural yang  berderet di kampung itu.  Saat melewati lukisan wajah tokoh seniman Betawi, Benyamin Sueb ada pelukis yang masih membuat tahun kelahiran 1939 dan wafatnya almarhum Benyamin ditulis 1959.
     
"Loh koq itu," kata Anies, saat melihat tahun wafatnya almarhum Benyamin, sambil senyum - senyum.  Langsung si pelukis mural menggantinya dengan tahun 1995.
     
Pembuatan kampung Tematik Sketsa adalah kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Propan Raya  yang merupakan perusahaan cat  dalam negeri yang terbesar.
     
"Kita bersyukur kerjasama kolaborasi nyata dunia usaha, pemerintah dan masyarakat menghasilkan kampung tematik dimana yang melukis bukan saja warga bukan saja petugas PPSU tapi juga seniman mural yang sesungguhnya," kata Anies.
     
Jon adalah satu seniman mural di bidang seni rupa ITB dan beliau memimpin  penggambaran kampung tematik di Penjaringan. Jadi ini menunjukan bahwa kerjasama, kolaborasi buat Jakarta indah dan diharapkan ini akan banyak tempat lukisan mural, katanya.
     
"Saya sering sampaikan berkali - kali kita harus menempatkan Jakarta sebagai kanvas dimana warga diundang untuk ikut mewarnai, warga ikut memberikan nuansa dan hari ini salah satu tempat yang bersejarah di Jakarta. Ini salah satu titik awal awalnya kota Jakarta yah di sekitar ini," kata Gubernur.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Anies sebut perilaku pengguna jalan tentukan kebijakan jalur sepeda permanen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar