"Saya membuktikan bahwa dengan satu kaki pun, bisa mendaki puncak-puncak tertinggi dunia."
Solo, (ANTARA News) - Seorang pendaki disabilitas asal Kota Solo Sabar Gorky bertekad akan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi Benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia, bertepatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Saya bersama tim sebanyak delapan pendaki akan menuju Rusia di puncak gunung bersalju Elbrus dengan ketinggian sekitar 5.642 meter di atas permukaan air laut untuk upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI," kata Sabar Gorky seorang pendaki disabilitas, di Solo, Rabu.

Sabar Gorky yang hanya memiliki satu kaki menyatakan tekadnya untuk menaklukan medan bersalju yang memiliki jarak sekitar lima hingga enam kilometer menuju puncak Elbrus Rusia itu.

"Saya membuktikan bahwa dengan satu kaki pun, bisa mendaki puncak-puncak tertinggi dunia. Hal ini, memberikan semangat para atlet Indonesia mengimpirasikan untuk tidak pernah menyerah," kata Sabar Gorky yang juga sebagai karyawan PMi Kota Surakarta.

Sabar Gorky mengakui sebelumnya telah menaklukan empat puncak gunung tertinggi Dunia, yakni Kilimajaro Afrika, Aconcagua Argentina, Carstensz Pyramid Papua, dan Elbrus Rusia.

"Saya pernah melakukan pendakian Elbrus yang pertama melalui medan sisi utara pada 2011. Saya tahun ini, pendakian melalui sisi selatan," kata Sabar.

Baca juga: Pendaki putri Unpar taklukkan Puncak Elbrus

Menurut Sabar dirinya sudah melakukan persiapan baik fisik dan beralatan untuk menghadapi medan bersalju di puncak Elbrus yang memiliki suhu hingga mencapai -7 derajat tersebut.

"Kami bersama tim pada tanggal 14 Agustus sudah di tempat lokasi pendakian dan diperkirakan 17 Agustus mencapai puncak Elbrus untuk mengibar bendera Merah Putih," kata Sabar.

Ketua PMI Kota Surakarta Susanto yang didampingi Sekretaris PMI, Sumartono, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung Sabar Gorky yang telah menjadi karyawan PMI Surakarta untuk menaklukan puncat Elbrus di Rusia itu.

Bahkan, kata Sumartono, pendaki disabilitas Sabar Gorky selain pendakian puncak Elbrus Rusia, juga akan menaklukan puncak Gunung Vison Massif di kutub selatan.

"Kami sangat mendukung untuk kedua kalinya Sabar Gorky menaklukan puncak Elbrus, di Agustus yang bertepatan Hari Kemerdekaan RI. sabat berencana melaksanakan upacara 17 Agustus di Puncak Elbrus bersam pendaki lainnya," kata Sumartono.

Menurut Sumartono Sabar memilih Elbrus, karena dia ingin menyelesaikan dengan dua jalur yang ada di sana, yakni utara dan selatan.

PMI Surakarta bergerak di bidang kemanusiaan dan sebagai tempat dimana, Sabar bekerja memberikan dukungan penuh, baik berupa latihan fisik, teknik, dan persiapan stamina.

"Sabar melakukan latihan teknik di Pantai Parangtritis, Karanglo Yogyakarta, dan Gunung Lawu Boyolali Jateng. Kami berharap kegiatan ini, memotivasi untuk lebih mencintai Bangsa Indonesia," kata Sumartono.


(T.B018/B/T013/C/T013)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2018