counter

Sumsel terima lima bus air mudahkan transportasi Asian Games

Sumsel terima lima bus air mudahkan transportasi Asian Games

Dua Bus air bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berada di sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (1/8/2018). Untuk mendukung transportasi pada penyelenggaraan Asian Games 2018, Kementerian Perhubungan menyerahkan 5 bus air kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Bandung (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan menyerahkan lima bus air kepada Pemerintah Daerah Sumatera Selatan untuk lebih mendukung aspek transportasi pada penyelenggaraan Asian Games beberapa waktu lagi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Bandung, Rabu, mengatakan penyerahan bus air ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya selama penyelenggaraan Asian Games 17 hari lagi.

"Pak Presiden Joko Widodo selalu tidak lupa dengan Palembang, dengan segala upaya-upaya Pak Gubernur dan masyarakat memberikan suatu suguhan layanan bagi masyarakatnya dan masyarakat dunia menjadikan Palembang menjadi salah satu kota yang disegani," katanya.

Selain untuk mendukung konektivitas di Sumatera Selatan, Menhub berharap nantinya kelima bus air ini dapat lebih mendukung sektor pariwisata di Palembang.

Lanjut dia, kelima bus air ini dibangun dengan menggunakan APBN dengan nilai investasi Rp13,2 miliar.

Terkait kapasitas bus air Menhub menyebut bus air ini dapat menampung jumlah penumpang sebanyak 20 orang.

"Bus air memiliki kapasitas penumpang 20 orang penumpang dan dua ABK. Kapal ini dibangun dengan APBN sebesar Rp13,2 miliar," katanya.

Selain itu, kata dia, bus air ini juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, perlengkapan pemadam kebakaran, dan perlengkapan navigasi.

"Keselamatan sangat penting untuk itu di tiap kapal sudah dilengkapi `rigid life raft` kapasitas 10 orang, jaket keselamatan 30 buah, sinyal parasut, sinyal asap dan beberapa perlengkapan keselamatan lainnya," ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memastikan fasilitas bus air ini dapat dipergunakan oleh seluruh masyarakat.

"Bus air ini dapat digunakan untuk siapa saja yang membutuhkan tapi yang diprioritaskan untuk kepentingan terkait langsung dengan Asian Games," ucapnya.

Baca juga: Masyarakat diminta gunakan transportasi umum selama Asian Games

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Waktu tempuh perjalanan Atlet Para Games hanya 25 menit

Komentar