Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama Pemerintah Kota Moskow Rusia merealisasikan nota kesepahaman (MoU) kota kembar (sister city).

Nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat dan Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin yang dilakukan pada Agustus 2017 lalu.

"Kedatangan di Moskow ini kami meyakini akan semakin mempererat kerja sama antara kedua kota, Jakarta-Moskow," kata Sandiaga dalam siaran pers diterima di Jakarta, Kamis.

Dia mengungkapkan tindak lanjut kerja sama antara kedua kota akan difokuskan pada penciptaan lapangan kerja, biaya hidup yang lebih terjangkau dan peningkatan partisipasi kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi.

"Saat ini sudah ada MoU Jakarta-Moskow 2017-2019 yang perlu direalisasikan dan dikongkritkan para pelaku usaha pada kedua kota. Peluangnya besar, termasuk melalui skema Public Private Partnership dengan Pemprov DKI Jakarta di infrastruktur pengelelolaan sampah, air, limbah, maupun energi terbarukan," kata Sandiaga.

Wakil Walikota Moskow Khusnullin Marat mengapresiasi tindak lanjut nota kesepahaman antar dua kota besar Jakarta dan Moskow.

Ia berharap kerja sama ini juga dapat menjadi ajang transfer ilmu pengetahuan antar kedua pemerintahan dalam mengelola kotanya masing-masing.

"Saya mengapresiasi pertemuan ini dan akan terus menindaklanjuti MoU Sister City antara Jakarta-Moskow yang telah diperbarui sejak tahun 2017 lalu," terang Wakil Wali Kota Moskow Khusnullin Marat.(S035)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018