Semarang (ANTARA News) - Ratusan santri dari beberapa pondok pesantren mengikuti kegiatan Nusantara Mengaji Khataman AlQuran di Mesjid Raya Baiturrahman, Semarang, Jumat, untuk mendoakan agar Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar, terpilih menjadi wakil presiden periode mendatang.

"Kegiatan untuk keberhasilan Cak Imin, panglima santri memimpin bangsa ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, lokasinya di pondok-pondok pesantren dan masjid-masjid raya masing-masing daerah," kata Sekretaris DPW PKS Jawa Tengah, sekaligus Koordinator Daerah Nusantara Mengaji Jawa Tengah, Sukirman, di Semarang, Jumat.

Sukirman menyebutkan, sosok Panglima Santri saat ini disematkan kepada Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar.

Selama ini, ujar Sukirman, Cak Imin mendapat mandat para kiai dan ulama untuk mendampingi Joko Widodo pada Pemilu 2019.

"Alhamdulillah di kabupaten/kota se-Jateng juga sukses menggelar acara seperti ini dengan kehadiran ribuan warga yang ikut," ujar dia.

Pada kegiatan Nusantara Mengaji, selain khataman Alquran, juga dilakukan pembacaan Salawat Nariyah sebanyak 4.444 kali, serta santunan bagi anak yatim.

Menurut dia, kegiatan Nusantara Mengaji akan terus dilaksanakan pada 4-10 Agustus 2018.

KH Marwan al Hafidz yang memimpin khataman dan salawatan mengatakan bahwa bacaan-bacaan dari kitab suci Al Quran serta salawatan bisa memberikan pertolongan bagi manusia.

"Semoga apa yang menjadi hajat dari Pak Muhaimin Iskandar dapat tercapai dan terkabul dengan bacaan-bacaan ini," katanya.

Pewarta: Wisnu Nugroho
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018