jamaah Indonesia jangan takut berobat, semua gratis tidak dipungut biaya
Mekkah (ANTARA News) - Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah Nirwan Satriya mengatakan pelayanan kesehatan untuk jamaah Indonesia gratis.

"Gratis, jamaah Indonesia jangan takut berobat, semua gratis tidak dipungut biaya," kata Nirwan di Mekkah, Senin.

Menurut dia, pembebasan biaya berobat itu mulai dari pengobatan jamaah di unit sektor yang menangani kelompok terbang, KKHI hingga RS Arab Saudi.

Biaya gratis, kata dia, juga berlaku untuk penggunaan fasilitas kesehatan seperti ambulans dan tindakan medis berbiaya besar seperti operasi jantung.

"Ambulans juga gratis, mau bolak-balik diantar juga gratis... Karena di sini, tamu-tamu Allah dilayani dengan baik sekali," katanya.

Dengan pelayananan kesehatan yang baik, kata dia, bukan berarti jamaah mengandalkan fasilitas tersebut sehingga lupa menjaga stamina. Akan tetapi, jamaah tetap harus menjaga dirinya agar tetap bugar sehingga mampu menjalani setiap rukun haji.

Baca juga: Menag tegaskan pengobatan jamaah haji gratis

Dikatakannya terdapat tantangan kesehatan bagi jamaah sesampainya di Tanah Suci seperti cuaca dan suhu yang relatif panas bagi orang Indonesia. Untuk beberapa calon haji dapat memicu turunnya kebugaran sehingga jatuh sakit.

Bahkan sebagian calhaj kerap sibuk belanja di Tanah Suci sampai menguras tenaga. "Biasanya begitu sampai, jamaah justru sibuk belanja ini yang sebaiknya dihindari," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018