Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Rabu (7/8):

Jokowi lepas kontingen Asian Games 2018 Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia ke Asian Games XVIII 2018 Jakarta dan Palembang di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta.
   
"Saudara semuanya adalah putra putri terbaik dari negara ini, dari negara Indonesia dan saudara-saudara mewakili 263 juta penduduk Indonesia," kata Jokowi, dalam sambutannya pada acara itu, Rabu sore.
   
Sebanyak 904 atlet hadir mewakili seluruh atlet Indonesia yang akan terjun di pertandingan Asian Games 2018.
   
Total seluruh tim Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut sebanyak 1.388 orang, terdiri dari 938 atlet, 396 panitia, dan 80 pendukung tim.
   
Presiden mengatakan dengan pelatihan yang dijalani oleh para atlet, maka Indonesia yakin dapat meraih medali emas sebanyak-banyaknya dalam kejuaraan.
 

BMKG informasikan warga dapat kembali ke rumah

Mataram, NTB  (ANTARA News) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menginformasikan kepada seluruh masyarakat Lombok, mereka sudah diperbolehkan untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Warga sudah boleh jika ingin kembali ke rumah, keadaan sudah berangsur aman," kata Dwikoritas di Mataram, Lombok, Kamis dini hari.

Kepala BMKG menjelaskan bahwa titik puncak getaran gempa dan potensi tsunami sudah terlewati. Sehingga yang muncul hanya getaran gempa susulan yang semakin mengecil.

Sensor-sensor pendeteksi gempa sudah menunjukkan angka yang wajar untuk patahan yang berada di laut Flores. Gempa susulan menurutnya akan sering terjadi namun tidak memberikam dampak yang merusak.


Korban jiwa akibat gempa Lombok tambah menjadi 131

Jakarta (ANTARA News) - Jumlah korban jiwa akibat gempa 7 Skala Richter yang mengguncang wilayah Lombok di Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) bertambah menjadi 131 menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu.

Rinciannya, dia menjelaskan, ada 78 korban jiwa di Lombok Utara, 24 di Lombok Barat, 19 di Lombok Timur, enam di Mataram, dua di Lombok Tengah dan dua di Denpasar.

Gempa juga menyebabkan 1.447 orang terluka berat dan 165.003 orang mengungsi, serta mengakibatkan 42.239 rumah dan 458 sekolah rusak.


Pimpinan PAN sambangi kediaman Prabowo

Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) mendatangi kediaman Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Rabu malam.

Kedatangan para pimpinan PAN tersebut bertepatan dengan rencana pengumuman calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo yang direncanakan pada Kamis (9/8).

Berdasarkan pantauan di lapangan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais terlihat lebih dahulu datang ke kediaman Prabowo sekitar pukul 22.00 WIB dengan menggunakan mobilnya dan langsung masuk ke dalam.


Sekjen PDIP pastikan koalisi tetap utuh

Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan sejumlah partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo tidak ada yang hengkang karena keputusan calon wakil presiden yang akan diambil.

"Kami pastikan tidak ada yang hengkang, karena siapa pun juga yang ditetapkan sebagai calon wakil presiden tentu saja memperhatikan seluruh masukan-masukan yang diberikan oleh para ketua umum parpol pengusung Pak Jokowi," kata Hasto ditemui di depan kediaman Megawati Soekarnoputri, Jakarta, pada Rabu malam.

Menurut Hasto, komunikasi dengan sejumlah ketua partai terus berjalan baik.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018