"Peserta yang terpilih mengikuti diklat adalah masyarakat sekitar..."
Jakarta (ANTARA News) - Budi Karya Sumadi merupakan menteri perhubungan pertama yang mengunjungi Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, Banten, Sabtu.

Seperti keterangan tertulis yang diterima Antaranews, Menhub menjadi inspektur upacara pembukaan dan penutupan diklat pemberdayaan masyarakat yang diadakan oleh BP2IP dan STPI Curug.

"Program pendidikan dan pelatihan ini dilakukan untuk lebih dari 100.000 orang di Indonesia, dengan sasaran masyarakat yang berada di wilayah sekitar," ujarnya. .

Ia mengatakan pembekalan tersebut satu kepedulian Kemenhub untuk program pemberdayaan masyarakat. Presiden Jokowi menginginkan pemuda-pemuda Indonesia untuk diberikan kesempatan bekerja.

"Saya berharap setelah mendapat pelatihan para pemuda ini bisa bersaing di dunia kerja. Saya yakin peserta ini adalah yang terbaik dan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing," ujar Menhub.

Baca juga: Kemenhub berikan pekerjaan bagi nelayan tak bisa melaut

Menhub juga mengatakan setelah mendapatkan pembekalan atau ilmu sesuai kompetensinya, par,a peserta ini mendapat pekerjaan yang baik.

"Peserta yang terpilih mengikuti diklat adalah masyarakat sekitar yang memang mempunyai bakat dan memiliki motivasi tinggi dalam bekerja, kita utamkan yang belum bekerja," jelasnya.

Diketahui dalam program ini, selain diberikan pendidikan praktis yg berkaitan dengan sektor laut, darat, dan udara peserta juga dibekali dengan ilmu keterampilan yang dibutuhkan masyarakat.

Peserta diklat pemberdayaan masyarakat dari STPI berjumlah 208 orang dan dari BP2IP berjumlah 215 orang. Para peserta diklat STPI telah menjalani pelatihan selama 9 hari kerja, terhitung sejak tanggal 30 Juli 2018 sampai dengan 9 Agustus 2018

Sementara untuk peserta diklat dari BP2IP akan menjalankan diklat selama 8 hari kerja untuk pendidikan Basic Safety Training (BST), 4 hari kerja untuk pendidikan Advance Fire Fighting (AFF), dan 1 hari kerja untuk pendidikan Security Awarness Training (SAT)

"Saya berharap agar apa yang dilakukan kepada peserta diklat dapat menjadikan lebih banyak masyarakat yang produktif dan memiliki daya saing tinggi," katanya.

Baca juga: Budi Karya baca puisi di Deklarasi Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018