Jambi, 12/8 (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto yang mewakili Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar melepas ?peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal daerah itu ke Maluku Utara, Minggu.

Hadir pada kesempatan itu Direktur Utama PTPN6 Abdul Gani beserta Direktur Produksi Denny Ramadhan ?dan Direktur Komersil Amin Sembiring di Hotel V Kota Jambi.

Dalam sambutannya M Dianto mengharapkan dan berpesan kepada seluruh peserta SMN asal Provinsi Jambi agar di Maluku Utara nanti bisa membawa dan menjaga nama baik Jambi.

Ia juga meminta agar selama delapan hari di kawasan timur Indonesia itu dapat mengambil hikmah serta pelajaran yang baik untuk bisa diterapkan di daerah asal masing-masing.

"Saya yakin kalian para pelajar SMA yang ikut sebagai peserta SMN asal Provinsi Jambi, merupakan putra dan putri terbaik di daerah masing-masing dan yang terbaik untuk provinsi sehingga menjadi cerminan pelajar Jambi nantinya di Maluku Utara," kata M Dianto.

Materi yang sudah disampaikan dalam pembekalan melalui pelatihan selama beberapa hari di Jambi untuk menjadi duta pelajar tingkat nasional dapat diterapkan dengan maksimal di daerah tujuan nanti dan harus mengharumkan nama baik Provinsi Jambi di Maluku Utara nanti.

"Pemerintah Provinsi Jambi juga mengapresiasikan kegiatan ini yang digelar oleh BUMN melalui PTPN yang ada di Jambi dan kedepannya kegiatan ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan SDM pelajar di Jambi," kata Dianto.

Sementara itu Direktur Utama PTPN6, Abdul Gani dalam sambutannya mengatakan, selama delapan hari ke depan atau mulai Minggu sore ini (12/8) hingga 19 Agustus 2018, peserta SMN asal Jambi akan diberangkatkan dan berada di Maluku Utara sedangkan peserta asal Maluku Utara juga akan melakukan rangkaian kegiatan di Jambi yang telah disusun panitia.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembangunan karakter bangsa yang diarahkan kepada pelajar di Jambi dan di seluruh nusantara. Dimana pelajar yang terjaring melalui SMN ini merupakan pelajar yang terbaik dari masing-masing provinsi di Indonesia termasuk Jambi.

Ke-23 pelajar yang ikut program SMN dari Provinasi Jambi ke Maluku Utara itu, berangkat menggunakan pesawat dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju bandar Sultan Babulah di Maluku Utara. ?

Sementara penerimaan siswa SMN dari Maluku Utara rencananya akan dilakukan pada Senin (13/8). Panitia SMN-BHUN 2018 Jambi telah mempersiapkan berbagai agenda kegiatan yang cukup padat namun memiliki bobot untuk pegenalan nusantara bagi generasi muda.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018