Para siswa setiap melakukan kunjungan ke BUMN akan dikenalkan seluk beluk tempat yang akan dikunjungi dan membuat laporan dengan penulisan yang benar
Surabaya, 12/8 (ANTARA News) - Pewarta dan Fotografer Perum LKBN Antara Biro Jawa Timur memberikan pelatihan menulis dan juga teknik fotografi kepada 41 siswa peserta siswa mengenal nusantara (SMN) asal Jatim supaya bisa menuliskan laporan selama mengikuti kegiatan tersebut.

Salah seorang Pewarta Perum LKBN Antara Abdul Hakim, Minggu mengatakan, para siswa itu akan diberangkatkan ke Sumatera Selatan sebagai upaya mengenalkan budaya Jatim dan mengenal budaya di provinsi tujuan.

"Sehingga diperlukan pelatihan penulisan yang baik dan benar kepada para peserta supaya laporan yang dibuat peserta nanti bisa bagus dan maksimal," katanya di sela kegiatan pembekalan siswa mengenal nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, Minggu.

Ia mengemukakan, para siswa itu diajari cara menulis sesuai dengan ejaan yang benar serta kaidah penulisan yang benar.

"Para siswa nanti setiap kali melakukan kunjungan ke BUMN tertentu akan dikenalkan seluk beluk tempat yang akan dikunjungi. Dan mereka perlu membuat laporan dengan penulisan yang benar," katanya.

Pada kesempatan yang sama, M Asim selaku Fotografer Antarafoto mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta dalam mengambil foto supaya hasilnya bagus.

"Di antaranya adalah, sudut pandang pengambilan gambar, pencahayaan dan juga ketepatan lapan sebuah foto itu diambil supaya tidak kehilangan moment yang sedang berlangsung," katanya.

Ia menjelaskan, peserta juga jangan hanya sekali mengambil foto, kalau bisa berkali-kali dan yang tidak kalah pentingnya adalah faktor arah datangnya cahaya baik itu sore pagi dan juga siang hari.

"Apalagi para peserta ini kebanyakan menggunakan telepon genggam yang akan digunakan selama sepekan melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan," katanya.

Sementara itu, Else S, dari SMK 1 Blitar mengatakan pihaknya berharap melalui kegiatan ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama melaksanakan kegiatan di Sumatera Selatan.

"Saya juga berencana mengenalkan tarian asal Jatim saat berada di Sumsel. Terkait dengan tarian apa yang akan ditampilkan, untuk saat ini masih kami diskusikan," katanya.

Dalam kegiatan itu, terdapat 38 siswa perwakilan SMA atau SMK Jawa Timur ysng mewakili masing-masing Kabupaten Kota, 3 siswa disabilitas, 3 guru pendamping disabilitas, 2 guru teladan, dan 1 perwakilan Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta tanah air, dengan mengetahui ragam budaya yang ada di seluruh Indonesia.
Baca juga: Rini: Program siswa mengenal nusantara cetak sdm berkualitas
Baca juga: Rini: program SMN perkuat wawasan kebangsaan siswa

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018