Jakarta (ANTARA News) - Konser Vinculos untuk Indonesia 2018 yang dibawakan Orquesta De Camara De Siero (Ocas / Siero Chambers Orchestra) mempersembahkan 11 lagu Indonesia dan Spanyol berkolaborasi dengan Riau Rhythm Chambers dari Indonesia.

"Total ada 11 lagu yang kami persembahkan malam ini," kata Direktur sekaligus konduktor musik orkestra Ocas Manuel Angel Paz Vasquez usai konser penutup Vinculos 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin.

Ia menuturkan pada konser itu, pihaknya juga membawakan penampilan musik dengan perpaduan musik Jaz, Flamingo dan orkestra. Tarian Flamingo beberapa kali dibawakan oleh Angela Lopez asal Spanyol yang fasih berbahasa Indonesia.

Riau Rhythm Chambers menampilkan empat lagu, yakni Lukah Gila, Pencalang, Svara Jiva, Dentang-denting-dentung (3D).

Ocas membawakan tiga lagu daerah dari Indonesia yakni Ayo Mama, Sampesuvu Roa, Posisani.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said atau yang pernah menjadi vokalis grup band Ungu tampil menyanyikan lagu Sampesuvu Roa bersama musik orkestra Ocas.

Selain itu, Ocas membawakan empat lagu Spanyol, yaitu Itimaz, Fuente de las lagrimas, De norte a sur, Malaguerias.

Sementara, kolaborasi Ocas dan Riau Rhythm Chambers membawakan dua lagu gubahan Riau Rhythm Chambers, yakni Satelite of Zapin dan Sound of Suvarnadvipa. Untuk kolaborasi ini, kedua kelompok musik berlatih sebanyak empat kali.

Konser Vinculos yang dibawakan Orquesta De Camara De Siero (Ocas / Siero Chambers Orchestra) telah menyambangi sejumlah daerah di Indonesia, yakni Ambon, Maluku, Kota Palu, Sigi dan Parigi Moutong di Sulawesi Tengah dan Kota Pekanbaru di Riau. Dan konser itu berakhir di Jakarta pada Senin malam.

Konser penutup di Jakarta berhasil memukau para penonton dari Indonesia, Spanyol dan berbagai orang dari warga negara lain.

Baca juga: Hilmar: Vinculos bawa semangat persahabatan-solidaritas antarbangsa
Baca juga: OCAS kolaborasi dengan Riau Rhythm Chambers tutup Konser Vinculos

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018