Jakarta (ANTARA News)  - Atraksi barongsai yang dipersembahkan oleh Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia (PLSBI) turut menyemarakkan suasana Asian Games 2018 di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Salah satu eksibisinya adalah yang ditampilkan oleh tim barongsai Huang Ho Say Jakarta Timur anggota PLBSI di arena Asian Games Senayan tepatnya di Zona KaKa Parkir Timur Senayan, Rabu petang (22/8).

Di bawah cuara cerah, masyarakat yang datang ke GBK pun terhibur dengan atraksi perpaduan antara kesenian dan  olahraga tersebut.

Sekjen PLBSI Ripka Wijaya di Jakarta, Kamis, mengatakan timnya tetap bersemangat menampilkan ketrampilannya di bidang olahraga barongsai untuk terlibat dalam kegiatan Asian Games 2018 walaupun tidak ada dukungan uang transport dari panitia.

"Tim barongsai yang tampil umumnya adalah remaja putra dan putri yang antusias untuk terlibat dalam kegiatan Asian Games 2018 yang mungkin tidak akan datang lagi dalam sejarah kehidupannya,' kata Ripka.

Team Barongsai Huang Ho Say  dipimpin oleh Triyadi menampilkan tiga barongsai warna menarik sesuai tema yaitu merah,  putih dan kuning.
Merah putih melambangkan bendera Indonesia, dan kuning atau warna emas mengisyaratkan  harapan bangsa Indonesia akan perolehan emas di ajang Asian Games 2018.  

Di hari dan waktu yang sama, PB PLBSI mengirim Team Barongsai Naga Semesta Jakarta Barat pimpinan Sifu Tommy untuk melakukan eksibisi di salah satu tempat  kegiatan Asian Games 2018 yg didirikan oleh Erick Thohir Ketum KOI yaitu di Rumah Indonesia, Jl. HR Rasuna Said Jakarta.  

Total personil yg terlibat hampir 30 orang. Mereka adalah tim barongsai yang sudah mendapat peringkat di berbagai kegiatan nasional dan internasional seperti  Grand Kamala Cup Bekasi, TAFISA World Dragon and Lion Dance Championship,  serta kejuaraan barongsai internasional di Sungai Kolok Thailand,  Hong Kong,  Penang,  Macau, dan Guangxi China. 

Selain barongsai oleh PLBSI di GBK juga ditampilkan eksibisi oleh organisasi-organisasi anggota Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia).

PLBSI dengan ketua umumnya saat ini, Nurdin Purnomo, cukup aktif dalam berbagai kegiatan nasional dan internasional, dalam olahraga barongsai maupun kegiatan FORMI, dimana ia merupakan salah satu pendirinya.

Baca juga: Tim barongsai Indonesia tampil di Pakistan

Baca juga: Malaysia, Singapura ikut Festival Barongsai Internasional

 
Tim barongsai Huan Ho Say Jakarta Timur yang menampilkan eksibisi di Gelora Bung Karno. (PLSBI)

Baca juga: Barongsai hibur penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018