Melalui kerja sama ini kami berharap seluruh pekerja Indonesia di luar negeri terdata dan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, termasuk pekerja asing yang bekerja di Indonesia,
Jakarta  (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan menggunakan data keimigrasian untuk memperkuat program perlindungan TKI (kini pekerja migran Indonesia (PMI) di luar negeri.

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ronny F Sompie menandatangani kerja sama kedua lembaga dalam penggunaan data keimigrasian tersebut di Jakarta, Kamis.

Data yang dimaksud adalah Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) untuk mengolah, mengumpulkan, dan menyajikan informasi dalam mendukung operasional, manajemen, dan pegambilan keputusan dalam melaksanakan fungsi keimigrasian.

"Melalui kerja sama ini kami berharap seluruh pekerja Indonesia di luar negeri terdata dan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, termasuk pekerja asing yang bekerja di Indonesia," kata Agus.

Data yang akan dimanfaatkan berupa data WNI pemegang paspor Indonesia dan data WNA yang bekerja di Indonesia yang meliputi data umum yang tertera dalam paspor, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor dan masa berlaku paspor, alamat, tanggal penerbitan paspor, dan foto.

"Dalam lingkup kerja sama ini, kami tidak hanya bisa mengakses dan memanfaatkan data keimigrasian, tapi juga sebaliknya. Kami melakukan pertukaran data dengan Ditjen Imigrasi semata-mata agar masing-masing pihak dapat mensinergikan fungsi masing-masing semaksimal mungkin," ujar Agus.

Untuk menjaga kerahasiaan data masing-masing, keduanya sepakat membangun jaringan komunikasi khusus secara elektronik. "Hal ini kami lakukan agar pemanfaatan data yang dilakukan dapat berlangsung secara aman," ucap Agus.

Ronny dalam sambutannya mengatakan bahwa masih banyak TKI yang bekerja ke luar negeri secara ilegal, atau tidak sesuai dengan prosedur, seperti memanfaatkan visa kunjungan atau masuk melalui jalan tikus diperbatasan Indonesia-Malaysia. "Ini tantangan kita bersama," ujar Ronny.

BPJS Ketenagakerjaan sudah satu tahun ditugaskan untuk melindungi TKI dari risiko kerja, seperti kecelakaan kerja dan kematian sejak pra, masa dan purna penempatan. Saat ini 340.000 TKI menjadi peserta BPJS-TK. 
 

Baca juga: BPJS-TK luncurkan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan

Baca juga: BPJS-TK serahkan santunan kematian pada korban Lombok


 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda SAS
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018