...target kami menjadi partai 'gajah'
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budisantoso mengatakan partainya ingin menjadi partai "ajah", partai besar dengan target perolehan 80 kursi di parlemen.

"Targetnya 80 kursi, target kami menjadi partai 'gajah'," kata Priyo usai sidang pembacaan putusan Bawaslu di Jakarta, Jumat.

Priyo optimistis dengan target 80 kursi. Apalagi setelah KPU sepakat memberikan kesempatan kepada partainya memperbaiki dokumen bakal calon legislatif di 14 daerah pemilihan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Berdasarkan survei internal partainya, 80 kursi sangat dimungkinkan untuk diraih. Partai Berkarya mengajukan 575 bakal calon legislatif untuk 80 daerah pemilihan.

KPU dalam putusan terkait daftar calon sementara (DCS) menyatakan 14 daerah pemilihan yang terdiri dari 142 bakal calon legislatif Partai Berkarya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena dinilai tidak mengikuti aturan keterwakilan perempuan.

Hal ini membuat Partai Berkarya mengajukan sengketa ke Bawaslu. Mediasi yang dilakukan Bawaslu terhadap KPU dan Partai Berkarya menghasilkan kesepakatan.

KPU sepakat memberikan kesempatan pada Partai Berkarya untuk melengkapi dan memperbaiki dokumen bakal calon legislatif di 14 daerah pemilihan tersebut.

Partai Berkarya merupakan salah satu partai baru yang berdiri pada 2016. Partai Berkarya dinyatakan lolos KPU untuk menjadi peserta Pemilu 2019. Putra mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy Suharto), menjadi ketua umum partai tersebut.

Baca juga: Partai Berkarya ajukan sengketa soal DCS ke Bawaslu
Baca juga: Partai Berkarya yakin Prabowo-Sandiaga bawa perubahan
Baca juga: Titiek menyeberang ke Partai Berkarya, Golkar tegaskan tak terganggu

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018