Banjarmasin, (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan tim pusat bakal menyelenggarakan pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) di Desa Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, pada 18-20 Oktober 2018.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, di Banjarmasin, Jumat mengatakan saat ini seluruh persiapan pelaksanaan HPS terus dikerjakan dan hampir tuntas.

Persiapan tersebut, selain pembangunan fisik tempat diselenggarakan kegiatan yang bakal dihadiri sekitar 40 utusan dari negara sahabat, juga persiapan nonfisik antara lain publikasi dan sosialisasi termasuk persiapan pelaksanaan pameran.

"Insan media di Kalsel juga telah berpartisipasi mengabarkan persiapan dan perkembangan pelaksanaan HPS 2018, melalui publikasi pemberitaan, baik elektronik, cetak dan online," katanya.

Menurut Kurnadi, sebelumnya, Kamis (23/8) pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Biro Humas Kementerian Pertanian RI untuk bersinergi mensosialisasikan Peringatan Hari Pangan Sedunia.

Pada rapat tersebut, kata dia, telah disusun rancangan publikasi dan kerja sama media untuk mensukseskan kegiatan berskala internasional itu.

"Semua tugas kehumasan dan protokol telah terencana rapi sesuai peran masing-masing seluruh pihak terkait, termasuk publikasi pemberitaan dan media massa, terutama giat pameran pendukung HPS," katanya.

Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian RI, Kuntoro Boga Andri mengatakan kerja sama dengan media nasional dan lokal itu meliputi publikasi pameran dan kegiatan pelaksanaan HPS.

Kementan melalui EO, telah mengandeng media nasional baik cetak maupun elektronik termasuk media online yang profesional di bidang pemberitaan.

"Pusat berharap, Biro Humas dan Protokol bertugas mendukung melalui informasi-informasi terkini terkait persiapan dan pelaksanaan HPS," katanya.

Dukungan tersebut, kata dia, termasuk persiapan dokumentasi visual sosialisasi HPS, melengkapi dokumentasi yang telah dibuat panitia pusat.

Sinergi antarinstansi dan pihak terkait untuk memgabarkan kegiatan HPS 2018 secara terukur, dinilai penting dilakukan agar kegiatan tersosialisasi dengan baik.

"Kalimantan Selatan diyakini akan mampu menyelenggarakan kegiatan kehormatan bagi upaya bersama mewujudkan ketahanan pangan nasional ini," katanya.

Kabag Protokol Biro Humpro Setdaprov Kalsel Raden Suria F berharap, pemasangan baliho atau papan reklame kegiatan di luar atau dalam gedung, penting untuk diseragamkan dari panitia pusat sampai daerah.

"Tujuannya, agar visi dan misi kegiatan benar-benar terukur dan tersosialisasi secara efektif," katanya.*

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018