Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Indonesia memastikan kelolosan ke perempatfinal setelah mengalahkan Thailand secara dramatis 3-2 (25-22, 25-23, 23-25, 22-25, 15-12) dalam laga kualifikasi 12 besar yang berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta, Minggu.

Disaksikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Indonesia langsung menyerang pertahanan Thailand yang dikomando Kitikun Sri Utthawong.

Meski demikian, Thailand yang bisa mengimbangi permainan Rivan Nurmulki dan kawan-kawan, langsung unggul 11-9 pada awal set pertama.
Setelah itu, kejar mengejar angka mulai terjadi, hingga posisi 16-15 untuk keunggulan Indonesia, setelah spike Sigit Ardian melesak masuk. 
Indonesia terus mempertahankan kemenangan dan menutup set pertama 25-22, setelah blok para pemain Thailand keluar lapangan pertandingan.

Pada awal set kedua, terjadi skor ketat 8-7 untuk keunggulan Thailand, yang mulai meladeni permainan agresif tim asuhan Samsul Jais.
Indonesia mulai menipiskan ketertinggalan 12-13 setelah blok rapat Yuda Mardiansyah dan Rendy Tamamilang memberikan angka.

Namun, tim garuda membalikan keadaan dan memimpin 18-17, setelah servis Mawin Maneewong melebar ke belakang lapangan lawan.
Indonesia yang tidak membiarkan kesempatan tim gajah putih untuk mengembangkan permainan, mengakhiri set kedua 25-23, melalui spike Rivan Nurmulki.

Pada awal set ketiga, kedua tim memulai aksi dengan saling berbalas spike dan menghasilkan keunggulan 8-7 untuk Thailand. 
Seperti pada dua set awal, pertarungan ketat maupun aksi berbalas skor mulai terjadi, meski tim asuhan Monchai Supajirakul masih memimpin 12-10.

Indonesia yang mulai melihat celah dalam pertahanan Thailand mulai menggencarkan serangan cepat dan unggul 16-15 sebelum "technical time out" kedua.

Namun, justru Thailand yang merebut set ketiga 25-23, setelah para pemain Indonesia berkali-kali melakukan kesalahan yang memberikan angka bagi lawan.

Kekuatan dua tim yang sama kuat membuat pertandingan menjadi seru dengan kedudukan 10-10 pada awal keempat.

Thailand yang menyulitkan pertahanan yang digalang oleh Mahfud Nurcahyadi dan Sigit Ardian mulai unggul hingga 20-16.

Kegigihan Thailand dalam memanfaatkan kelengahan para pemain Indonesia terus dilakukan, hingga Kissada Nilsawai dan kawan-kawan meraih set keempat 25-22.

Dalam keadaan tertekan, pelatih Samsul Jais mulai menenangkan para pemainnya agar lebih rileks dalam menghadapi serangan Thailand.
Indonesia sempat unggul 10-9 di set kelima dalam pertandingan yang mulai memakan stamina dan hilangnya konsentrasi di momen-momen kritis. 

Tim garuda bahkan sempat memimpin 13-12, sebelum akhirnya menutup set penentuan dengan 15-12, setelah servis Rendy Tamamilang tidak terhadang oleh Thailand.

Dengan kemenangan ini, maka Indonesia dipastikan akan menghadapi Korea Selatan dalam babak perempatfinal.

Dalam pertandingan yang dipadati oleh ribuan fans bola voli Indonesia di Tennis Indoor GBK, ikut hadir menyaksikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, ikut hadir mantan Ketua KONI Rita Subowo, Ketua PB PBVSI Imam Sudjarwo, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. 

Sementara itu, dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Bulungan, Iran memastikan tempat di semifinal setelah membungkam China tiga set langsung (27-25, 25-20, 25-21).

Iran langsung menuju semifinal untuk melawan pemenang Jepang melawan Qatar/Myanmar setelah mendapatkan bye di babak perempatfinal 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018