Cibinong, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim sepak bola putra U-23 Korea Selatan berhasil melaju ke final Asian Games 2018 usai menaklukkan Vietnam dengan skor 3-1 pada babak semifinal yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Rabu. 

Ketiga gol Korsel dicetak oleh gelandang Lee Seungwoo di menit ketujuh dan ke-55, serta penyerang Hwang Ui Jo di menit ke-28. Sementara gol Vietnam diciptakan oleh gelandang Tran Minh Vuong (70').

Nantinya di final Asian Games 2018 yang digelar pada Sabtu (1/9), Korsel akan menghadapi pemenang dari laga lainnya di semifinal yaitu Jepang atau Uni Emirat Arab. 

Adapun pada laga Korsel versus Vietnam, pelatih Korsel Kim Hak Bum Selatan menurunkan empat pemain yang berlaga di Piala Dunia 2018 secara serentak sejak menit awal untuk pertama kalinya di Asian Games 2018. Mereka adalah kiper Jo Hyeonwoo, penyerang Son Heung Min serta Hwang Hee Chan dan gelandang Lee Seungwoo.

Sementara di kubu tim U-23 Vietnam, penyerang senior sekaligus kapten tim di pertandingan-pertandingan sebelum semifinal Nguyen Van Quyet harus memulai laga dari bangku cadangan.

Hasilnya, Vietnam cenderung tampil tertekan dari awal laga. Korsel yang juga mengandalkan pencetak gol terbanyaknya, Hwang Ui Jo, akhirnya mampu unggul terlebih dahulu berkat sepakan Lee Seungwoo memanfaatkan bola liar di depan gawang Vietnam. 

Korsel yang bermain dengan strategi menyerang cepat kembali menambah gol di menit ke-28, kali ini melalui Hwang Ui Jo yang berhasil menyambut umpan terobosan dari lini tengah. 

Itu menjadi gol kesembilan Hwang di sepak bola putra Asian Games 18.

Tak ada gol lain dibuat setelah itu, skor 2-0 untuk keunggulan Korsel.

Di babak kedua, pelatih Vietnam Park Hang Seo menggantikan Luong Xuan Truong dengan gelandang Tran Minh Vuong untuk menambah daya gedor. 

Dengan taktik itu, Vietnam memang sempat menekan Korea Selatan tetapi justru mereka kembali kebobolan tepatnya di menit ke-55 oleh gol kedua gelandang Korsel Lee Seungwoo dalam pertandingan tersebut. 

Jarak skor yang menjauh membuat Vietnam mau tak mau mesti meningkatkan intensitas permainan. Hal ini tidak sia-sia karena mereka sukses merobek gawang Korsel yang dikawal Jo Hyeonwoo di menit ke-70 dengan sepakan bebas Tran Minh Vuong. 

Di sisa laga, penyerang Vietnam Nguyen Cong Phuong datang dari bangku cadangan menggantikan Nguyen Anh Duc demi mengejar gol. 

Namun, skor 3-1 untuk kemenangan Korea Selatan tak berubah sampai akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Tim U-23 Korea Selatan: Jo Hyeonwoo, Kim Minjae, Kim Jinya, Kim Moonhwan, Son Heung Min (kapten, 72', Lee Siyoung), Lee Jinhyun, Hwang Hee Chan, Cho Yumin, Hwang Ui Jo (59', Na Sangho), Lee Seungwoo (85', Hwang Hyunso), Kim Jungmin.

Tim U-23 Vietnam: Bui Tien Dung, Pham Xuanh Manh, Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Luong Xuan Truong (kapten, 46' Tran Minh Vuong), Nguyen Anh Duc (76', Nguyen Cong Phuong), Pham Duc Huy (30' Nguyen Van Quyet), Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Tran Dinh Trong. 
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018