Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Jepang Eiya Hashimoto meraih medali emas nomor balapan track omnium putra Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta International Velodrome, Kamis.

Hashimoto keluar sebagai pebalap yang mengumpulkan poin terbanyak dari empat disiplin yang dilombakan di omnium dengan 119 poin.

Balapan omnium terdiri dari empat disiplin itu, yaitu scratch race, tempo race, elimination race, dan point race yang harus diselesaikan dengan baik. Artinya pengumpulan poin per poin dari empat disiplin tersebut dikumpulkan untuk menentukan posisi pebalap di klasemen dan juara.

Skala poin yang diberikan di tiga balapan pertama masing-masing 40 untuk peringkat pertama, 38 untuk kedua, 36 untuk ketiga dan seterusnya.

Sementara itu medali perak disiplin omnium putra diraih pebalap Hong Kong dengan total poin 114 disusul oleh pebalap Kazakhstan Artyom Zakharov di peringkat tiga dengan 112 poin untuk mengamankan medali perunggu.

Pebalap Indonesia yang diturunkan di omnium putra, Nandra Eko Wahyudi, hanya mampu finis di peringkat 14 dengan mengumpulkan poin 54.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018