Jakarta (ANTARA News) - Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina, kagum dengan sosok kepribadian dan kepemimpinan Sultan Agung yang digambarkan dalam film kolosal Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta garapan Hanung Bramantyo.

"Menurut saya Sultan Agung itu sosok yang sangat tegas, berani, dan dia itu memiliki visi serta misi yang benar-benar untuk memajukan bangsa Indonesia," ujar dia, kepada ANTARA News, di Jakarta, Kamis malam (30/08).

Dia lebih lanjut menjelaskan apa yang dikatakan Sultan Agung dalam film itu memang benar bahwa perjuangan itu bukan untuk hari ini, namun untuk generasi masa depan Indonesia.

"Itu adalah jiwa pemimpin yang luar biasa menurut saya," kata Putri Indonesia 2018 tersebut usai nonton bareng Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta.

Sultan Agung:Tahta, Perjuangan dan Cinta mengisahkan kehidupan dan perjuangan sultan Mataram yang legendaris itu, mulai dari kehidupan masa kecilnya hingga berperang dengan musuh bebuyutannya VOC Belanda pimpinan Jan Pieterszoon Coen atau dikenal sebagai JP Coen.

Sonia pun memuji film yang diproduseri Mooryati Soedibyo itu sebagai film yang luar biasa dan membuat dirinya semakin mencintai Indonesia.

"Kita akhirnya tahu perjuangan raja-raja nusantara sebelumnya, bagaimana mereka berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Dari film ini, bangsa yang maju adalah bangsa yang selalu mengetahui sejarahnya dan salah satunya film ini yang mengajarkan kita untuk sadar akan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia," ucap Sonia.        

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018