Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membuka Pekan Orientasi Calon Anggota Legislatif DPR-RI dan Pemenangan Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden Tahun 2019 Partai Nasdem di Jakarta,  Sabtu malam.

Presiden Jokowi resmi membuka acara itu dengan memukul gong yang disaksikan sejumlah pimpinan Partai Nasdem dan Caleg DPR RI dari Partai Nasdem.  

Presiden Jokowi yang didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh membuka kegiatan itu di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara sekitar pukul 21.15 WIB. 

Tampak hadir dalam acara itu antara lain Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung M Prasetyo. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Achmad Effendy Choirie menyebutkan acara itu diikuti 575 caleg DPR RI Partai Nasdem.  

"Acara ini juga dihadiri oleh 50 kepala daerah yang berasal dari Partai Nasdem," kata Gus Choi sapaan akrab Effendy Choirie. 

Ia menyebutkan komposisi caleg sebanyak 575 tersebut terdiri dari 354 orang atau 61,5 persen laki laki dan 221 orang atau 38,4 persen perempuan atau 38,4 persen. 

"Jumlah caleg perempuan sudah lebih dari kuota seperti ketentuan UU, " kata Gus Choi. 

Sementara itu Ketum DPP Nasdem Surya Paloh mengatakan di usia yang belum tujuh tahun,  Nasdem telah mengikuti satu kali pemilu dan saat ini sedang persiapan mengikuti Pemilu 2019.

"Sementara untuk pilkada sudah ikut tiga tahapan pilkada dan saat ini memiliki 182 kader yang menjadi kepala daerah," kata Surya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018